Pipa Minyak Pertamina Meledak

Muaraenim, BP

Pipa minyak milik PT Pertamina berukuran 6inci yang berada di pinggir jalan lintas Gunung Megang-Prabumulih tepatnya, di Desa Tanjung, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim tiba-tiba meledak hingga menimbulkan kebocoran.

Akibatnya minyak mentah yang menyembur dari pipa bocor itu menggenangi kebun karet milik warga yang berada di dekat pipa tersebut.

Kebocoran pipa itu diketahui oleh warga sekitar pukul 09.00, Senin (23/4). Saat ini petugas PT Pertamina telah berhasil menutup pipa yang bocor. Begitu juga tumpahan minyak mentah yang menggenangi kebun karet warga telah berhasil di bersihkan. Petugas Polsek Gunung Megang, juga telah memasang police line di lokasi pipa yang bocor.

Kapolres Muaraenim AKBP Budi Suryanto, SIk melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Ahmad Jais, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. ”Penyebab kebocoran pipa itu masih kita lakukan penyelidikan. Kuat dugaan pipa tersebut bocor akibat digergaji oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Kapolsek.

Menurutnya, pipa itu sengaja digergaji untuk mengambil pipanya. Dia juga mengakui bahwa minyak mentah yang menyembur dari pipa tersebut telah menggenangi kebun karet milik seorang masyarakat.

”Tumpahan minyak itu mengenai kebun karet masyarakat yang luasnya mencapai seperempat hektar. Saat ini tumpahan minyak telah berhasil dibersihkan dan pipa yang bocor telah berhasil diperbaiki dengan menggantinya dengan pipa baru,” jelasnya.

Dijelaskannya, pihak PT Pertamina telah melakukan pertemuan dengan warga yang kebunnya terkena tumpahan minyak mentah. Kedua belah pihak telah melakukan pembicaraan untuk membicarakan masalah kompensasinya. /nur