Kondom Wanita Kurang Diminati

Lahat, BP

Kondom khusus wanita di Kabupaten Lahat kurang diminati kaum hawa. Diduga bentuk alat kontrasepsi tersebut yang terlalu besar, membuat warga takut menggunakannya.

Di sisi lain, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPK) terus mendistribusikan alat kontrasepsi kondom khusus wanita ke setiap kecamatan.

Kepala BKBPK Lahat Sri Sulastri melalui Kasi Pelayanan Badan KB dan PK Isyamto, Minggu (22/4), menjelaskan, selama 2012 belum ada wanita yang menggunakan kondom khusus.

Padahal, menurut dia, alat kontrasepsi tersebut  cukup bagus untuk mencegah penularan penyakit kelamin.

Diperkirakan Isyamto, penyebab enggannya wanita Kabupaten Lahat menggunakan kondom khusus tersebut, karena bentuknya yang terlalu besar hingga terkesan kurang nyaman.

Ditambah lagi kurangnya informasi yang mereka dapatkan, hingga tidak terlalu paham cara penggunaan serta manfaatnya.

Kondom khusus wanita bentuknya seperti silinder, dengan ukuran cukup besar. Terdapat dua cicin fleksibel di dua bagian ujung, yang memiliki fungsi masing-masing.

Cara pakainya dengan dimasukan ke dalam rahim, saat akan berhubungan intim. Fungsinya bisa mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit kelamin.

“Meski belum ada peminat, pihaknya masih tetap mendistribusikan kondom  wanita ke 21 Kecamatan di Lahat. Namun jatah yang diberikan pihak provinsi sangat sedikit sekitar 125 buah.

Sehingga tiap kecamatan hanya diberikan lima buah kondom, dan sosialisasi terus dilakukan agar warga bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang benar.  /tom