Pembunuh Ibu Kandung Terancam 15 Tahun Penjara

Palembang, BP

Terdakwa Hidayat Saputra bin Endiasyah, warga Jalan Macan Lindungan IX, No4534, RT11, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang yang telah membunuh ibu kandungnya Leli Zahro, Nopember 2011 terancam 15 tahun penjara. Rencananya, sidang vonis akan berlangsung, Senin (23/4).

Jaksa Penuntut Umum Wawan Setiawan, kepada BeritaPagi Sabtu (21/4), mengatakan, terdakwa terbukti telah melakukan pembunuhan berencana terhadap Leli Zahro, ibu kandungnya.

 “Saat tuntutan kemarin terancam 15 tahun penjara karena melanggar pasal 44 ayat 3 Undang Undang  Republik Indonesia 23/2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga. Vonis nanti saya rasa sama dengan hukuman tuntutan itulah karena menyebabkan nyawa orang melayang,” kata Wawan.

Dalam dakwaan terungkap, tindak kejahatan dilakukan terdakwa pada 13 Nopember 2011, sekitar pukul 08.00. Saat itu terdakwa tiba di rumahnya Jalan Macan Kumbang RT44, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, usai begadang.

Saat itu di rumah hanya ada adik tiri, korban yang masih berusia sekitar lima tahun. Saat tiba di rumah, terdakwa langsung disambut omelan korban.

Omelan korban ditanggapi dingin oleh terdakwa, hingga sampai puncaknya korban melempar pakaian terdakwa dan berniat mengusir dari rumah. Terdakwa pun kalap, ia mengambil pisau dapur lalu  menghujamkan pisau dapur yang baru saja diambilnya ke leher korban. Seketika itu pula korban tersender ke dinding dan jatuh bersimbah darah. Merasa belum puas, terdakwa kembali menghujamkan pisau dapur  itu ke punggung ibunya hingga tewas.

Kemudian petuga dipimpin Kapolsek Ilir Barat I Palembang Komisaris Polisi Sonny Triyanto bersama Kanit Reskrim Ipda Iwan Gunawan membekuk terdakwa di sekitar kawasan Komplek Poligon, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. /git