Tim Voli Indonesia Raih Kemenangan

Palembang, BP

Tim voli pantai Indonesia memulai kiprahnya di Djarum Mild Asia Pacific Beach Volley Ball 2012, dengan manis. Tim putra dan putri berhasil menang mudah pada babak penyisihan yang digelar di Jakabaring Sport City (JSC), Kamis (19/4).

Tim voli pantai putri Indonesia 1 dan 2 berhasil meraih kemenangan. Sayangnya, sukses ini tak mampu diikuti oleh tim Indonesia 3.  Bermain di grup H di Jakabaring Sports City, Indonesia 1 yang menurunkan Putu Dini Jasita/Dhita Juliana mengalahkan pasangan bersaudara Malaysia, Luk Teck Hua/Luk Teng Kee, lewat pertarungan seru sepanjang tiga set.

Setelah kalah di set pertama, Putu/Dhita berhasil memenangi pertandingan usai merebut dua set berikutnya dengan skor akhir 16-21, 21-15, 15-12.

Di grup G, Indonesia 2 yang diwakili Ayu Cahyaning Siam/Fitri Wijayanti mengatasi unggulan sembilan asal Hongkong, Yan Lo/Yeuk Mei Yeung, straight set, pada pertandingan yang sempat diguyur hujan lebat dan angin cukup kencang. Meski sukses menang dua set langsung, Ayu mengaku kurang puas dengan penampilannya karena minim persiapan.

“Kami kurang persiapan, latihan juga cuma sekali. Tadi pagi baru bertemu dengan pasangan jadi mainnya kurang bagus. Saya juga belum sempat berlatih di lapangan pasir karena sebelumnya latihan untuk Proliga. Sehingga permainan tadi saya akui tidak maksimal,” imbuh peraih medali perak SEA Games 2011 ini.

Nasib kurang mujur diterima oleh pasangan Indonesia 3, Dwi Susilo/Rinawati. Unggulan 10 ini tak mampu mengimbangi permainan pasangan Thailand 2, Varapatsorn Radarong/Tanarattha Udomchavee, sehingga kalah telak 10-21 9-21 di laga grup F.

Di bagian putra, tim Indonesia 3, Andi Ardiyansyah/M Bastomi gagal memenangi laga kedua grup B. Pasangan yang diunggulkan di tempat ketujuh itu menyerah dari tim Thailand 1 alias unggulan kedua, Sittichai Sangkhachot/Prathip Sukto, 15-21 15-21.

Meski begitu, tiga pasangan tim voli putra Indonesia berhasil memetik kemenangan di laga pertama babak penyisihan. Kemenangan pertama diraih oleh tim Indonesia 3, Andy Ardiyansyah/M Bastomi, yang menundukkan Hongkong 1, Tin Lok Yu/ Yiu Man Tiang, dua set langsung 21-10 21-15 dalam laga di grup B.

Pasangan Indonesia 2, Dian Putra Santosa/Fahriansyah, menemui sedikit hambatan dalam mengalahkan pasangan Selandia Baru 2, Griffin Muller/Paora Morunga. Unggulan keenam ini butuh tiga set sebelum menang dengan skor akhir 15-21 21-13 16-14. Di set kedua, Dian diacungi kartu kuning oleh wasit karena melakukan protes.

Pelatih kepala tim voli pantai PP PBVSI Slamet Mulyanto tidak kecewa dengan kegagalan Andi/Bastomi. Namun, ia berharap keduanya bisa memenangi laga terakhir melawan pasangan Australia Patrick Gulline/Martin Scott, Jumat (20/4).

“Pasangan ini kombinasi pemain senior-yunior. Namun meski kalah, pertandingan ini diharapkan bisa meningkatkan penampilan Bastomi (pemain yunior-red)  karena hanya dia jam terbangnya kurang,” ucap Slamet kepada wartawan.

“Mudah-mudahan Bastomi dan Andi bisa memenangkan laga melawan tim Australia sehingga bisa meraih runner-up grup. Dengan ini semoga waktu babak kedua single elimination akan lebih mudah jalannya,” harap dia.

Sedangkan untuk tim putrid, Slamet menuturkan merupakan bagian dari evaluasi dan juga menentukan pasangan mana yang akan turun kualifikasi olimpic. Dengan dipasangkan antara senior dan junior, maka mereka akan dapat menularkan ilmunya.

“Kita lihat dari pertandingan terakhir tadi tim Indonesia 1 saat menghadapi Malaysia mereka sempat kalah di set pertama. Namun di set kedua mereka sudah mampu membaca permainan lawan. Sehingga bisa bangkit dan menang dengan skor 21-15. Namun, kembali tertinggal dan akhirnya kalah,” tuturnya. /ris

Kelompok Putra

Grup A: Iran 1 (Parviz Farrokhi/Agh Mohammad Salagh), Thailand 2 (Panupong Toyam, Teerapat Pollueang), Singapura ( Soh Xing Hao/Zhuo Hong Chuan dan Maladewa 2 (Shiunaz Abdul Wahid/Adnan Abdul Hameed)

Grup B: Thailand 1 (Sittichai Sangkhachot/Prathip Sukto), INA 3 (Andy Ardiyansyah/M. Bastomi), Hongkong 1 (Tin Lok Yu/Yiu Man Tang), Australia (Patrick Gulline/Martin Scott)

Grup C: Malaysia (Kiew Chiong Ung/Rafi Asruki bin Nordin), Selandia Baru 2 (Griffin Muller, Patrick Morunga), Iran 2 (Rahmad Raoufi/Bahman Gholipoury)

Grup D: Selandia Baru 1 (Ben O’Dea/Sam O’Dea), Indonesia 1 ( Koko Prasetyo/ Ade Candra), Maladewa 1 (Ahmad Abdul Kareem/Ismail Sajid)

Kelompok Putri

Grup E: Thailand 1 (Usa Tenpaksee/Japunee Sannok), Selandia Baru (Melissa Mae Ruru/ Julia Margaret Tille), Hongkong 2 (Wai Yan Lo/Yuk Mei Young)

Grup F: Thailand 2 (Varapatsorn Radarong/Tanarattha Udomchavee), Singapura (Sai Fung Hui/Huang Zi Hui), Indonesia 3 (Dwi Susilowati/Rinawati)

Grup G: Hongkong 1 (Tin Lai Ng/Yuen Mei Wong), Indonesia 2 (Ayu Chayaning Siam/ Fitri Wijayanti), Auustralia 2 (Artacho Del Solar/Laird)

Grup H: Malaysia (Luk Teck Hua, Luk Teng Kee), Indonesia 1 (Putu Dini Jasita/Dhita Juliana), Australia 1 (Clancy/Hynes).