Terkendala Peralatan e-KTP Belum Dibagi

 

Martapura, BP

Pelaksanaan program KTP elektronik (e-KTP) di Kabupaten OKUT hingga kini masih terganjal peralatan, sehingga pembagian e-KTP yang sudah dicetak, belum dibagikan.

epala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) OKUT Herfiansyah Djarab, Kamis (19/4), mengatakan, e-KTP yang sudah dicetak dan siap dibagikan ke wajib KTP tersebut sebanyak 1.700 keping dari 17 kecamatan.

Sayangnya, menurut dia, pembagian e-KTP yang telah dicetak tersebut belum bisa dilakukanlantaran masih menunggu peralatan teknis pencocokan data pemilik e-KTP.

“Peralatan pencocokan data masih belum dikirim ke kita. Soalnya sebelum e-KTP dibagikan ke wajib KTP, perlu pencocokan lagi. Dengan kata lain, ini tahapan finishing sebelum dibagikan ke warga,” jelasnya.

Ditanya kapan alat tersebut tiba di setiap kecamatan, Herfiansyah mengatakan, hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak konsorsium atau penyedia alat tersebut.

Terkait kerusakan peralatan server untuk perekaman di Kecamatan Buay Madang Timur dan Bangsa Raja, hingga kini masih menunggu perkembangan dari pusat.

“Yang jelas kita sudah melapor, namun tindaklanjutnya masih ditunggu,” ujarnya. /mas