PTBA Pugar 317 Rumah Tak Layak

Jakarta, BP

PT Bukit Asam (PTBA) Persero Tbk segera melakukan pemugaran terhadap 317 rumah yang tidak layak huni untuk masyarakat tidak mampu di sekitar perusahaan.

Program pugar rumah ini tertuang dalam MoU yang diteken Direktur Utama PTBA Milawarma bersama Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai dan Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar serta Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Rabu (18/4).

Penandatangan MoU yang dilakukan di Jakarta disaksikan Menteri Kooordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Dalam MoU tersebut, PTBA akan memugar 117 rumah di Kecamatan Merapi Barat dan Kecamatan Merapi Timur,  Kabupaten Lahat. Sedangkan 200 rumah di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim.

Kegiatan pemugaran rumah tidak layak huni ini merupakan ‘Program Bedah Rumah’ yang digalakkan Kementerian Perumahan Rakyat bersama PTBA, Pemkab Lahat serta Muaraenim.

Sesuai dengan kesepakatan dalam MoU, PTBA mengalokasikan biaya untuk pemugaran masing-masing rumah Rp6 juta, sehingga jika dikalkulasikan 317 rumah maka dana CSR PTBA yang mesti dikeluarkan sebesar Rp 1,9 miliar.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, dukungan atas pertisipasi PTBA dalam ‘Program Bedah Rumah’ yang merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan.

Hatta Rajasa menambahkan adalah wajar jika pemerintah maupun pelaku bisnis memberikan perhatian khusus terhadap warga kurang beruntung. /rel