Pot Bunga Percantik Jalan Protokol

Palembang, BP

 Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang terus melakukan pembenahan kota. Salah satunya, mempercantik jalan protokol dengan sejumlah pot tanaman. Penempatan pot di jalan protokol ini sudah dilakukan dalam dua pekan terakhir ini. Dalam pot-pot tersebut ditanam beberapa jenis tanaman seperti Palem, Hanjuang, dan Tandan Bali.

Kepala Bidang Pertamanan, DPJPP Kota Palembang, Komaruddin, Kamis (19/4), mengatakan, penyebaran pot tanaman sudah dilakukan di sejumlah jalan protokol, seperti  Jalan Angkatan 45, Letkol Iskandar, Basuki Rahmat, POM IX, Kolonel Atmo, dan Perintis Kemerdekaan. Jumlahnya mencapai sekitar 200 pot  berbagai ukuran.

Selain di jalan protokol, di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) yang menjadi salah satu tempat wisata juga diletakkan sedikitnya 90 pot kembang.  “Ini dilakukan untuk menjadikan kawasan itu lebih indah dan cantik sehingga orang yang datang terkejut dengan adanya perubahan tersebut. Begitu juga dengan peletakan pot tanaman di persimpangan akses jalan protokol agar terlihat lebih hijau dan menyerap polusi udara,” ujarnya.

Menurut Komaruddin, pihaknya akan terus menambah jumlah pot tanaman untuk disebar di beberapa kawasan dan akses jalan protokol. “Jumlahnya belum tahu, tergantung dengan dananya. Berapa dananya, saya belum bisa menyebutkan. Tapi yang pasti akan kita tambah terus pot tanaman agar Palembang hijau dan tambah cantik,” ujar Komaruddin.

Keberadaan pot tanaman diharapkan dapat dijaga dan dirawat oleh masyarakat karena fasilitas ini sudah merupakan tanggung jawab masyarakat banyak. Kesadaran masyarakat  diperlukan karena taman-taman hijau untuk menyerap polusi saat ini sudah sangat kurang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, memang terdapat perubahan dengan adanya pot-pot kembang di persimpangan lampu merah Jalan POM IX, pot tanaman diletakan di tengah-tengah di median jalan. Sedangkan di persimpangan bawah fly over, pot tanaman disebar di tengah median jalan.

Lando (20), salah seorang pengendara, mengatakan,  dengan adanya pot bunga, Kota Palembang semakin cantik. Terlebih ada pot tanaman yang bercorak songket sehingga lebih mengangkat tradisi dan budaya Palembang.

“Baguslah kalau pemerintah menempatkan pot tanaman. Selain menjadi lebih indah dan cantik, ini menunjukan keseriusan pemerintah mengatasi kondisi global warning. Saya selaku warga Palembang berharap pot kembang juga disebar di lingkungan pemukiman dengan melibatkan Rukun Tetangga,” pungkasnya. /adk