Pasien RSUD Mengeluh, WC Tak Ada Air

Lahat, BP

Di ruang perawatan air bersih langka. Di WC umum yang memiliki tarif justru melimpah. Pungli bukan?

Keluarga dan pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lahat mengeluh, menyusul tidak adanya air bersih di WC atau kamar mandi.

Tidak adanya air bersih ini membuat keluarga dan pasien yang dirawat inap, susah untuk buang hajat.

Salah satu pasien yang enggan namanya ditulis, Kamis (19/4), mengaku, sangat kesulitan  membersihkan badan maupun buang hajat lantaran WC tak ada air.

Namun anehnya menurut dia, ketika menuju WC umum, air bersih sangat banyak namun harus membayar.

“Saya sudah dirawat di RSUD sudah beberapa hari, tetapi, ketika akan ke kamar mandi air did alam bak sama sekali tidak ada, jadi terpaksa saya turun ke bawah menuju WC umum, ternyata air di sana begitu banyak,” katanya.

Dengan ketidakyamanan tersebut, dia berharap pihak RSUD dapat mencarikan solusi dari persoalan serius tersebut.

Direktur RSUD Lahat Hj Laela Cholik ketika dikonfirmasi, setiap pukul 07.00 selalu memanggil kendaraan tangki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang untuk mengisi bak penampungan.

Namun lantaran distribusi bak penampungan yang diisi PDAM sangat kecil keluar, sehingga tidak setiap ruangan terisi air bersih.

Mengenai persoalan WC umum, menurut dia, pihak RSUD Lahat sempat melakukan penutupan, akan tetapi atas permintaan dari keluarga pasien dibuka kembali.

“Tentunya bukan kehendak dari RSUD melainkan, keluarga pasien menginginkannya. Adanya pembayaran di WC umum tersebut, kita tidak pernah mematoknya, tetapi, seikhlasnya saja, sebab kita setiap hari harus membersihkannya supaya tidak bau dan kotor,” kilahnya.  /tom