OKUT Perangi Anjing Rabies

Martapura, BP

Untuk mencegah penyakit rabies yang dibawa anjing, pada tahun ini  Pemkab OKUTmelalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) menyiapkan vaksin rabies sebanyak enam ribu dosis.

Kepala Disnakan OKUT Alief Yulianto melalui Kepala Bidang  Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Ir Nandang Setiady, kemarin (19/4), mengatakan, enam  ribu vaksin tersebut ditambah dengan tiga ribu vaksin yang masih tersisa pada 2011.

Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap anjing kata Nandang, untuk dilakukan kepada anjing peliharaan, yang dilaksanakan secara kontinyu.

“Di sini kita menyiapkan tim vaksinasi yang tugasnya mendatangi dan mendata warga yang mempunyai anjing peliharaan melalui Ketua RT dan RW di setiap lingkungan tempat tinggal warga,” ucapnya.

Tak hanya dengan menjemput bola, pihaknya juga kata Nandang, siap melayani warga yang ingin anjingnya divaksinasi di kantor Disnakan OKUT di kawasan Cidawang dalam hari kerja.

“Selain itu, kita juga men-stanby-kan petugas vaksinasi di Puskeswan Tanjung Sari BK I Buay Madang Timur. Untuk tahap awal, kemarin kita siapkan seratus  dosis vaksin,” tandasnya.

Disinggung kebutuhan vaksin bagi anjing peliharaan tersebut, per ekor anjing dilakukan vaksinasi sekali dalam setahun. /mas