Mei, e-KTP Diterbitkan


Palembang, BP

Dalam waktu dekat, KTP elektronik (e-KTP), bakal segera dimiliki masyarakat IB I Kota Palembang. Rencananya, penerbitan e-KTP dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

Menurut Kasi Pemerintahan Ilir Barat (IB) I, Hasanuddin, Kamis (19/4),  ada beberapa syarat bagi warga yang ingin mengambil e-KTP-nya yang sudah jadi. “Nanti warga yang akan mengambil e-KTP harus membawa undangan yang akan diberikan serta membawa KTP lama. Sebagai syarat mutlak, tapi KTP lama juga harus difotokopi untuk arsip warga,” kata Hasanudin.

Bagi warga yang kehilangan KTP lama, harus mengikutsertakan surat pernyataan di atas materai Rp3000 dan diketahui oleh ketua RT setempat. “Pihak Kecamatan akan menyediakan surat pernyataan kehilangan KTP lama, sehingga warga tinggal membawa materai saja,” ujarnya.

Persyaratan surat pernyataan bagi yang hilang KTP sudah menjadi ketentuan yang harus dipatuhi. Warga yang tidak membawa syarat-syarat yang telah ditentukan e-KTP-nya tidak akan diberikan.

Saat ini jumlah e-KTP yang sudah dicetak sekitar 4.000-an, sisanya akan menyusul. “Sekarang sedang mencetak undangan untuk penerbitan. Jadi kalau undangan sudah dicetak, langsung akan kita serahkan pada lurah untuk disebar ke semua RT yang ada di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Pihak kecamatan menargetkan penerbitan e-KTP bisa diselesaikan dalam waktu sebulan. “Saat ini hanya mencocokkan sidik jari saja, kalau cocok bisa diambil tapi kalau sebaliknya akan dibatalkan,” tambahnya.

Sementara itu, Dani Apriandi, Kasi Pemerintahan Kecamatan IB II, mengatakan, pihaknya sedang membuat undangan untuk pengambilan e-KTP  warganya. Penerbitan e-KTP ini bisa berjalan lancar sesuai dengan prosedur, apalagi petugas kecamatan sudah disiapkan untuk membantu proses penerbitan ini. “Kita masih menggunakan petugas lama, yang akan membantu kelancaran penerbitan ini,” ujarnya. /adk