Lebih Mudah Dibanding TO

Palembang, BP

Soal-soal Ujian Nasional (UN) tahun 2012 dinilai para siswa tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, sejumlah siswa SMA mengakui bahwa soal-soal dalam Ujian Nasional (UN) 2012 lebih mudah dibandingkan dengan soal uji coba try out (TO).

Seperti dikatakan Nada (17) siswi jurusan IPS SMA Negeri 1 Palembang. Ia menilai UN berlangsung hikmat dan tenang karena pengawasan sangat ketat. Soal-soal ujian berkesinambungan dengan kurikulum, bimbingan belajar dan TO.

Hal yang sama dikatakan siswa di daerah lain. Seorang siswi SMA Negeri 1 Semarang Arum Nur Hidayah menilai lebih mudah soal UN ini dibanding soal TO. Ia mengaku lega karena UN sudah selesai, dan hampir seluruh mata ujian dinilainya relatif mudah, meski mata ujian Bahasa Inggris sedikit kesulitan.

Arum yang siswi kelas XII IPA 6 itu mengatakan, materi Bahasa Inggris yang dianggapnya sulit pada soal cerita dan uji mendengarkan, namun secara umum memang lebih susah soal Bahasa Inggris yang diujikan pada TO.

Adam Fajari, siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Semarang pada kesempatan terpisah juga mengakui bahwa bobot soal UN memang lebih mudah dibandingkan dengan soal-soal “try out” sehingga tidak terlalu kesulitan saat mengerjakannya.

Seorang siswi kelas XIII IPA 3 sekolah itu, Lelita Sakina Sari mengaku, optimistis bisa lulus. Ia mengaku bersyukur bahwa tingkat kesulitan soal-soal UN tidak jauh berbeda dengan soal saat TO sehingga lebih siap dan optimistis, mengingat hampir semua materi yang dipelajarinya keluar dalam soal UN. /cr4/ant