Lahan Parkir 3 Lantai di Pasar Cinde


 Palembang, BP

Untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Pasar Cinde, Pemko Palembang bakal membangun area  parkir tiga lantai.

Pemerintah Kota Palembang berencana membangun lahan parkir tiga lantai di kawasan Pasar Cinde dalam waktu dekat. Langkah ini  diambil untuk mengatasi minimnya lahan parkir di wilayah itu. Selain itu untuk menanggulangi kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

Walikota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan, masalah parkir di Pasar Cinde kerap mengundang persoalan di Kota Palembang. Untuk itu pihaknya akan segera membangun lahan parkir di kawasan tersebut. Namun rencana tersebut masih terkendala dengan pihak pengembang yang akan membangunnya.

“Kita masih mencari pihak pengembang untuk melakukan kerja sama itu.  Saya harapkan pembangunan gedung parkir itu bisa terealisasi dalam waktu dekat,” ujar Eddy usai rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Palembang, Kamis (19/4).

Pembangunan lahan parkir ini masih dalam tahap perancangan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Palembang. Terlebih lagi bukan hanya lahan parkir yang akan dibangun, tetapi juga nantinya akan dibangun mall.

“Kita bersama SKPD terkait sedang dalam rancangan pembangunan. Cinde nanti akan memiliki mal juga tanpa merubah fungsinya. Pada lantai satu dan dua pasar, sedangkan lantai 3 hingga 5 bisa jadi tempat parkir,” katanya.

Mengenai biaya pembangunan, Eddy menjelaskan dapat menghabiskan biaya sekitar Rp20 miliar lebih. Di samping itu, tempat parkit tersebut tidak perlu begitu mewah dengan segala aksesoris pendukung. “Tempatnya tidak perlu mewah karena itu kan hanya tempat parkir, tidak perlu menggunakan kaca hanya cukup diberi pembatas dan dibiarkan terbuka pada samping-sampingnya,” ujar Wako.

Sementara itu,  Ketua DPRD Kota Palembang Harnojoyo menyatakan, mendukung penuh rencana Pemko Palembang ini. Pasalnya, dengan adanya pembangunan lahan parkir di seputaran Pasar Cinde itu, maka arus lalulintas di  kawasan jalan raya tersebut sedikitnya bisa lancar dan terbebas dari kemacetan. “Kami mendukung pembangunan lahan parkir yang direncanakan Pemko Palembang ini,” pungkasnya. /rul