Kendaraan Dinas Mulai Bayar Pajak

Pagaralam, BP

Pemerintah Kota (Pemko) mulai tahun sudah memberlakukan kebijakan kendaraan dinas wajib membayar pajak.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA) Kota Pagaralam H Haryanto, kemarin (20/4), mengatakan, kebijakan itu sesuai dengan Perda Sumsel No 3/2011 tentang pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plat merah.

Menurutnya, untuk realisasi pemberlakuan wajib pajak tersebut, DPPKA sudah mensosialisasikan maupun memberikan imbauan kepada setiap SKPD.

Terpisah, Kepala UPTD Samsat Kota Pagaralam Epriliansyah Hamzah melalui Kasi Penagihan Dirlan mengatakan, hingga 17 April 2012 kendaran plat merah yang sudah membayar pajak sudah mencapai 50 unit.

Menurutnya, meningkatnya jumlah pembayaran pajak kendaraan plat merah ini, kemungkinan besar pada April 2012, karena  kebanyakan pembayaran pajak kendaraan jatuh tempo.

Dikatakannya, jumlah kendaraan plat merah di Kota Pagaralam mencapai 870 kendaraan terdiri dari kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Sesuai dengan Perda setiap kendaraan dinas diwajibkan membayar pajak dengan tarif 0,5 persen lebih murah dibandingkan dengan kendaraan plat hitam atau pribadi yang dikenakan tarif 1,5 persen,” jelasnya. /dar