Biaya Pasang PDAM Turun Rp350 Ribu


Palembang, BP

Dalam rangka HUT ke-36,  PDAM Tirta Musi menggelar program pemberian keringanan biaya pasang baru air bersih. Saat ini sudah tercatat sekitar 4.000 pemohon. Jumlah ini dipastikan akan bertambah sampai batas akhir pengajuan yakni 30 April mendatang.

Harga normal pemasangan baru sebesar Rp1,1 juta,  namun berkat program ini kelompok rumah tangga sederhana dapat mengajukan pemasangan hanya dengan biaya Rp750 ribu atau turun Rp350 ribu.

Kepala Bagian Umum PDAM Tirta Musi Palembang Ishanuddin, Kamis (19/4), mengatakan, digelarnya program keringanan biaya pemasangan baru ini diperuntukkan bagi kelompok masyarakat rumah tangga sederhana yang memang belum memiliki sambungan langganan air minum PDAM.

Mereka juga tercatat sebagai pemilik sah dari rumah yang akan dipasangi pipa sambungan air. “Kami ingin membantu masyarakat agar dapat menikmati air bersih dengan harga terjangkau,” katanya.

Ishanuddin menjelaskan, sebelumnya akan dilakukan survei kepada mereka yang sudah mengajukan pemasangan. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah luas bangunan maksimal 54 meter persegi untuk rumah permanen dan memiliki sambungan listrik dengan daya terpasang maksimal 1.300 VA.  “Pemberian keringanan ini tidak untuk perumahan dan khusus bangunan rumah kayu,” ujarnya.

Masyarakat yang berminat memasang sambungan langganan baru ini dapat langsung mendatangi kantor unit pelayanan paling lambat 30 April 2012. Ada delapan kantor unit pelayanan yang bisa didatangi, yaitu di Rambutan, Km4,3 Ilir, Sako Kenten, Seberang Ulu, Kalidoni, Karang Anyar, dan di Alang-Alang Lebar (AAL). Prsyaratan administrasi pemasangan sambungan baru ini sama seperti pemasangan biasa.

Ishanuddin berharap, pemberian keringanan biaya pemasangan sambungan baru ini dapat mencapai target pelanggan hingga 95% pada tahun ini. Saat ini jumlah pelanggan sudah mencapai 93%. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan sekitar 15 ribu sampai 18 ribu pelanggan baru.

Direktur Teknik PDAM Tirta Musi Palembang Stephanus menambahkan, 4.000 pengajuan ini merupakan jumlah total sementara yang sudah diterima hingga 11 April 2012. Pengajuan terbanyak tercatat dari wilayah Seberang Ulu (SU) sebanyak 2.600 yang datang sejak Maret lalu.

“Untuk permohonan di hari normal, biasaya kami menerima 1.300 sampai 1.500 pengajuan, kali ini cukup over dan itu sudah pasti disetujui,” ujarnya. /adk