Jalintengsum Bergelombang, Berbahaya Dilintasi Kendaraan

Lahat, BP

Melintasi ruas Jalintengsum nyawa menjadi taruhannya. Warga berharap instansi terkait segera turun tangan.

Ruas Jalur Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat kondisinya semakin parah.

Pasalnya, jalan tersebut kian bergelombang dan kini sudah ketinggian mencapai mencapai 50 sentimeter, sehingga kendaraan sangat sulit melintasi.

Di samping itu, posisi jalan yang rusak berada di tanjakan dan tikungan. Tak pelak, kendaraan yang melaju tiba-tiba mengerem mendadak.

Tak jarang pula ada mobil terbalik. Ini terlihat bekas pecahan kaca, bekas kayu yang rusak maupun sisa oli mobil.

“Kalau  saya lihat sudah beberapa kali ada angkutan yang terbalik di sini, karena kemiringan dan kondisi jalan bergelombang tidak terlihat dari atas mobil. Yang jelas sangat sulit bagi truk yang bermuatan untuk lewat jalan tersebut,” ujar Yayan, warga Desa Gunung Kembang.

Tidak hanya itu, menurut dia, kendaraan yang melintas bisa dipastikan harus menunggu giliran karena tidak bisa berlintasan seperti jalan pada umumnya.

Kendaraan harus satu persatu menunggu giliran untuk jalan, bahkan sepeda motor tidak bisa melintas kalau ada kendaraan lain.

“Saya juga tidak tahu kenapa kerusakan jalan sangat parah seperti ini dibiarkan saja oleh pemerintah, karena dampaknya berakibat patal, bisa-bisa menghilangkan nyawa orang,” imbuhnya. /tom