Edy Yusuf Diperiksa 4 Jam, Terkait Dana Bansos OKU

Palembang, BP  

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan H Eddy Yusuf (EY), Rabu (18/4), diperiksa Sub Direktorat Tidak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Daerah Sumatera Selatan sebagai saksi kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) pada 2008, senilai Rp2,9 miliar.

Pemeriksaan dilakukan penyidik terhadap orang nomor dua di Sumsel ini karena saat dana bantuan sosial itu bergulir, Eddy Yusuf masih menjabat sebagai Bupati Ogan Komering Ulu. Sedangkan Wakil Bupati adalah Yulius Nawawi.

Yulius Nawawi (YN) sendiri tiga hari lalu telah menjalani pemeriksaan yang dilakukan penyidik Sub Direktorat Polda Sumsel juga sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Pemeriksaan YN sudah dilakukan, hari ini sekitar pukul 09.00 hingga 13.00, dilakukan pemeriksaan terhadap Pak EY terkait bantuan dana bansos di Kabupaten OKU yang diduga merugikan negara hingga Rp2,9 miliar.  Pemeriksaan guna melengkapi data pelimpahan berkas yang masih P19,” kata Kabid Humas Polda Sumsel AKBP R Djarot Padavova saat ditemui di ruang Sub Direktorat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Menurut Djarot, setelah pemeriksaan kelengkapan berkas perkara para saksi selesai, akan dilanjutkan dengan pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Negeri  Palembang, pada Mei mendatang. Dalam kasus ini, penyidik telah menetapkan dua tersangka.

“Tersangka dua orang, berinisial S dan SG, karena itu berkasnya akan segera dilimpahkan ke pengadilan kalau sudah lengkap pemeriksaan para saksi ini,” kata Djarot.

Namun, Djarot enggan berkomentar banyak  terkait kemungkinan adanya tersangka baru dari hasil pemeriksaan para saksi ini.

“Jangan dululah bicara tersangka baru, nanti kalau benar ditetapkan tersangka baru,  baru bicara lagi. Diharapkan para tersangka juga nantinya dapat mengikuti aturan hukum yang telah ditetapkan kalau kasus sudah dilimpahkan,” tukas Djarot.

Pemeriksaan Wagub Sumsel kemarin nyaris luput dari perhatian para wartawan karena pemeriksaan dilakukan secara mendadak. Wagub datang sekitar pukul 09.00, tanpa menggunakan kendaraan dinas. Ia langsung menjalani pemeriksaan di ruang Devia Cipta Polda Sumsel. Pemeriksaan selesai  sekitar pukul 13.00, Wagub  langsung masuk ke mobil. /git