Alex Noerdin Beri Kuliah Umum di STP

 Jakarta, BP

Kesuksesan H Alex Noerdin memimpin Sumatera Selatan mengundang minat kaum akademisi. Bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4), H Alex Noerdin memberikan kuliah umum Kiat Kiat Kesuksesan Alex Noerdin Sebagai Pemimpin Dalam Menjalankan Strategi Program Pembangunan Daerah . Kuliah diikuti oleh seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Perikanan.

Rektor STP DR Jojo Juarsa, MM, dalam sambutannya mengungkapkan, kehadiran H Alex Noerdin di kampus pencetak tenaga ahli bidang perikanan sebagai kado ulang tahun STP ke-50. Untuk itu, pemaparan Alex dalam kuliah umum ini sangat penting bagi taruna – taruni STP, terutama dalam memajukan potensi daerah.

“Kuliah umum ini penting sebagai bekal para taruna untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus ini ketika terjun ke tengah masyarakat nanti,” kata Jojo.

Alex yang datang bersama Nono Sampono, memaparkan, luas Sumatera Selatan 191 kali luas Jakarta yang terdiri dari 11 Kabupaten dan 4 kota, memiliki potensi yang luar biasa  baik potensi laut maupun sungai. “Jadi potensi perikanan dan kelautan Sumsel luar biasa besarnya,” kata Alex yang disambut tepuk tangan mahasiswa.

Alex lantas memaparkan keberhasilan Sumsel sebagai pemasok beras nasional. Bahkan Sumsel menjadi pemasok terbesar.”Kita bahkan sudah suplus,” kata Alex.

Untuk perikanan, lanjut Alex, ada 900 kektare yang bisa digarap, begitu juga untuk batubara, gas, dan minyak bumi.”Kita sangat kaya, bahkan gas kita sudah diekspor ke Singapura,” kata Alex Noerdin.

Sebelum memberikan kuliah umum, Alex memberikan sumbangan kepada STP berupa 10 komputer dan 2 printer. Bahkan Alex pun berjanji akan memberikan sebuah bus untuk kampus ini lantaran STP sudah tidak memiliki bus yang layak untuk kegiatan mahasiswanya.

”Insya Allah akan saya berikan bantuan sebuah bus. Itu dikirim dari Sumsel, bagaimana kalau nanti saya jadi di Jakarta, mungkin bisa lebih dekat dan tidak menyebrang lautan,” canda Alex.

Lebih jauh Alex memaparkan, dari hasil kerja kerasnya selama 2,5 tahun menjabat sebagai gubernur, posisi Sumsel saat ini sudah sepuluh besar. “Insya Allah akan menjadi tiga besar. Potensi yang dimiliki Sumsel khususnya bidang perikanan sangat luar biasa. Dan untuk itu, saya mengajak anak-anaku yang berasal dari Sumsel dan dari daerah lain untuk menyelesaikan pendidikan dan kembali ke Sumsel untuk memajukan Sumsel,” ajak Alex.

Dalam kesempatan itu, Alex juga menunjukkan gambar Jakabaring Sport City kepada mahasiswa. Menurut Alex JSC merupakan kebanggaan masyarakat Sumsel.

”Banyak even internasional yang akan digelar di JSC, karena JSC sudah memenuhi standar internasional. Jangan bandingkan JSC dengan Senayan, masyarakat Sumsel akan marah, karena Singapura saja lewat. Semua yang dilakukan untuk perubahan, khsusnya olahraga di Sumsel. Ini satu satunya tempat olahraga yang paling kompleks dan jangan dibandingkan dengan Jakarta, karena JSC salah satu yang terbaik di Asia,” kata Alex.

Menjawab pertanyaan mahasiswa bernama Daru dan seorang mahasiswi soal komunikasi antara Gubernur, Bupati dan masyarakat, serta kepemimpinan dalam rumah tangga, dengan diplomatis Alex mengatakan,”Ada tiga prioritas Sumsel, Pendidikan, Kesehatan, dan Kesempatan Kerja. Kita punya program memberikan dorongan kepada daerah yang memiliki potensi laut serta daerah lain yang memiliki potensi bumi akan dibantu Pemprov,” kata Alex. /rif