Universitas Kader Bangsa Akan Buka Prodi Ilmu Kepolisian

Palembang, BP

Universitas Kader Bangsa Palembang (UKB) akan membuka Program Studi (Prodi) Ilmu Kepolisian. Untuk membuka prodi tersebut pihak UKB mengadakan nota kesepahaman kerja sama dengan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), di kampus A UKB, Rabu (18/4).

Rektor UKB Palembang Irzanita, ketika ditemui usai menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan PTIK, mengatakan, ke depan seluruh masyarakat luas dapat mempelajari ilmu kepolisian, karena bidang ilmu tersebut saat ini tidak hanya milik kepolisian, tetapi seluruh masyarakat.

Ia menjelaskan saat ini UKB telah memiliki delapan fakultas dengan 17 program studi, antara lain fakultas kesehatan, kebidanan dan keperawatan, teknik, hukum, ekonomi, FKIP dan program pasca sarjana. Untuk jumlah mahasiswa aktif saat ini sebanyak 3.000 orang dan 6.712 alumni dengan semua prodi sudah terakreditasi BAN PT.

Pada kesempatan itu, Gubernur PTIK Irjen Pol Dr Agus Wantoro menuturkan, bahwa sejak 2008 ilmu kepolisian sudah menjadi milik masyarakat. Sehingga masyarakat juga bisa mempelajarinya dimana saja. Untuk itu kita akan dorong agar seluruh perguruan tinggi dapat menyediakan prodi ini.

“Saat ini bidang ilmu kepolisian bukan lagi milik polisi semata, sehingga masyarakat luas juga dapat mempelajari ilmu kepolisian. Oleh karena itu kita mendorong perguruan tinggi untuk bisa membuka prodi ini,” tuturnya.

Dirinya menyebutkan, di Indonesia sudah ada beberapa perguruan tinggi yang membuka prodi ini, seperti Universitas Hasanuddin Makasar dan Universitas Pasundan.  “Sedangkan untuk beberapa perguruan tinggi lainnya saat ini, tengah dilakukan proses pengembangan. Bahkan di Universitas Indonesia sudah ada Magister Kajian Ilmu Kepolisian,” ujarnya. /ris