Distribusi Soal UN SMP Pakai Lima Jalur

Palembang, BP

Salah satu jalur yang digunakan sebelumnya terputus, maka dari itu distribusi soal UN SMP memakai lima jalur.

Jika proses pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA dilakukan empat jalur, untuk tingkat SMP/Mts/SMPLB dikembangkan menjadi lima jalur, termasuk Kota Palembang. Hal ini dikarenakan salah satu jalur yang digunakan sebelumnya terputus, sehingga kendaraan pengangkut soal terpaksa memutar.

Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) 2012 Sumsel Bonny Syafrian, ditemui saat melakukan pengecekan jumlah box soal UN SMP/Mts/SMPLB di gudang PT Pos Indonesia, Rabu (18/4) mengatakan, pendistribusian naskah soal UN SMP sederajat ini akan ditambah satu jalur, dibandingkan dengan pendistribusian SMA sederajat sebelumnya. Menurutnya saat ini terdapat satu jembatan di antara Kabupaten OKI dan OKU yang tidak dapat dilalui, kendaraan pengangkut sehingga terpaksa memutar.

“Sejak tadi pagi (kemarin-red) naskah soal untuk tingkat SMP sederajat ini sudah tiba di Palembang dari percetakan PT Pura Barutama Kudus, sebanyak 2.143 box dengan empat truk milik PT POS Indonesia dan distribusi ke 14 kabupaten/kota rencananya akan dimulai Jumat dan Minggu (22/4) untuk kota Palembang dilakukan menggunakan lima jalur. Karena ada jembatan yang tidak bisa dilalui,” katanya.

Adapun kelima rute tersebut, Bonny yang juga sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel ini melanjutkan yakni rute pertama Ogan Ilir (OI), OKI. Kedua OKU Timur dan OKU Selatan, OKU Induk. Kemudian rute ketiga yakni Prabumulih, Muaraenim, Lahat dan Pagaralam. Kemudian rute ke empat Banyuasin, Muba, Lubuklinggau, Musirawas dan Empat Lawang. Serta rute lima adalah Palembang.

“Untuk distribusi soal ini tetap dilakukan berdasarkan daerah yang paling jauh dan hari ini (kemarin-red) setelah dihitung langsung serah terima dari percetakan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), selanjutnya ke Disdik provinsi. Kemudian, besok (hari ini-red) akan diangkut ke Disdik provinsi tanpa menurunkannya dari truk dan Jumat langsung di kirim ke 14 kabupaten/kota,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaan UN 2012 tingkat SMP/MTs dan SMPLB dimulai Senin hingga Kamis (26/4) yang akan diikuti 118.449 peserta dan UN susulan pada 30 April hingga 4 Mei 2012. Kemudian pengumuman kelulusan akan disampaikan 2 Juni mendatang. /ris