BTN Rambah Nasabah Pensiunan

Palembang, BP

 Bank Tabungan Negara (BTN) yang selama ini dikenal fokus sektor pembiayaan perumahan, kini mulai melakukan ekspansi dengan merambah ke sektor tabungan pensiunan. BTN menggandeng PT Taspen dengan meluncurkan produk Tabungan BTN Batara Pensiunan.

Kepala Cabang BTN Palembang Ade Prawita melalui Consumer Funding and Services Head Iwan Diaswara mengatakan, peluncuran produk terbaru ini sebagai tindak lanjut kerja sama yang sudah terjalin antara BTN dan PT Taspen.

 “Launching-nya sudah dilakukan di Jakarta, tinggal menunggu waktunya di Palembang. Pihak pusat sudah mengirimkan contoh brosur atau selebaran, jadi tinggal tunggu tanggal mainnya,” katanya.

Untuk bersaingan dengan bank lain yang telah lebih dulu bermain di sektor tabungan pensiun, pihak BTN telah menyiapkan startegi khusus. Seperti para pensiunan diberikan fasilitas untuk kredit rumah, sebagai pembeda dengan bank lain.

 Dijelaskannya, dalam perjanjian kerja sama antara BTN dan PT Taspen, disepakati pembayaran pensiunan akan dilakukan melalui rekening khusus dengan menggunakan aplikasi eDapem atau elektronik Data Pembayaran.

“Tabungan BTN Batara Pensiunan memberikan fasilitas lebih mudah untuk diimplementasi, karena account masing-masing pensiunan sudah tercatat dalam sistem yang mudah untuk disinkronisasikan dalam aplikasi eDapem. Jadi, kalau sudah ada perintah dari pusat kami segera mendata pensiunan di PT Taspen yang ada di Sumsel,” ujarnya.

Pada tahun 2012, BTN ingin membuka 100 outlet secara nasional. Sementara untuk Palembang baru ada satu outlet. Namun Iwan tidak mengetahui dengan program nasional tersebut apakah Palembang termasuk untuk melakukan penambahan. /bud