Awasi Pengguna Internet, Dishubkominfo Bentuk Relawan

Palembang, BP

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumsel membentuk Relawan Teknelogi, Informasi dan Komunikasi (TIK) tingkat provinsi. Relawan ini bertugas mengawasi terhadap penggunaan internet di wilayah Sumsel.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Sumsel, Sarimuda mengatakan, organisasi Relawan TIK Sumsel sebagai organisasi sosial kemasyarakatan baru yang hadir di tengah-tengah keberanekaragaman penggiat dan organisasi di bidang pengembangan aplikasi informatika, telekomunikasi, dan komputer berupaya untuk memberikan warna bagi pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, jika tidak meningkatkan pemahaman akan IT, maka bangsa ini akan tertinggal. Apalagi, pengguna internet di Indonesia sendiri saat ini tercatat sudah menyentuh angka 50 juta jiwa dan terus bertambah, dan lima juta diantaranya pengguna internet di wilayah Sumsel.

Dengan angka ini, Sumsel merupakan provinsi pengguna internet terbesar ketiga di Indonesia, selain merupakan provinsi yang menerapkan e-government terbaik se-Sumatera dan peringkat enam terbaik se Indonesia.

“Relawan TIK ini sendiri bertugas membantu pemerintah maupun swasta di bidang IT, dengan melakukan pendampingan pada masyarakat demi penggunaan internet sehat,” ujar Sarimuda usai melantik 500 Relawan TIK Sumsel di kantornya, Rabu (18/4).

Dirinya berharap, keberadaan Relawan TIK ini mampu membantu pengawasan terhadap potensi penyalahgunaan internet di Sumsel. Apalagi, dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet di wilayah Provinsi Sumsel, terus mengalami peningkatan hingga jutaan pengguna per tahun.

”Dengan tekad yang kuat dan niat yang tulus ikhlas, diyakini, walau berat, tugas relawan ini terasa ringan, demi kemajuan Iptek dan masyarakat yang melek IT sehingga menjadi dasar yang kuat dalam bersaing di dunia internasional yang sudah canggih ini,” terangnya.

Lebih lanjut Sarimuda mengatakan, pada bulan Juni-Juli mendatang, pihaknya akan berupaya melakukan pemecahan rekor MURI untuk jumlah TIK terbanyak se-Indonesia. “Tapi, pemecahan rekor MURI ini bukanlah acara seremonial belaka, tapi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas di Sumsel,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur e-Government Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI, Heri Abdul Aziz menambahkan, dengan berbekal sebagian besar anggota adalah penggiat di bidang TIK yang sudah memiliki aktivitas masing-masing, melalui wadah ini berupaya bersinergi dengan semua sumber daya yang ada, baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat, berswadaya demi meningkatkan e-literacy (melek IT) di masyarakat Indonesia dan menggunakan IT secara sehat dan benar.

“Untuk mempercepat penetrasi internet di masyarakat, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Pembentukan Relawan TIK menjadi salah satu upaya untuk mendukung target itu, dengan memberdayakan seluruh elemen masyarakat,” ujar Heri. / nto