Terdapat Kekeliruan Amplop Koli Soal

Palembang, BP

Terdapat kekeliruan dalam penerimaan amplop koli soal di SMA Negeri (SMAN) 1 Palembang, dimana koli soal ujian untuk mata pelajaran biologi berisikan soal fisika. Atas temuan ini pihak sekolah  menukarkan koli yang salah ke Diknas Provinsi Sumsel.

Demikian dikatakan Kepala SMAN 1 Palembang Agus Budianto.  Meski demikian ia mengatakan belum terjadi permasalahan yang signifikan pada hari pertama digelarnya UN dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, Senin (16/4).

Pengawasan UN berjalan cukup ketat. mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ketua Pemantau pengawas UN DR Anis Saggaf, Perwakilan Dewan Pendidikan Prof Ir H Bochari Rachman dan selaku team pemantau utusan Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Mahmud Hasyim sempat memantau jalannya UN di SMAN 1, Senin (16/4).

“Di sini kami melakukan pantauan terhadap permasalahan yang terjadi dalam proses jalannya UN. Sejauh ini untuk SMA N 1 belum ada masalah dan jika ada maka kami akan segera menindaklanjutinya,” kata Anis Saggaf.

Sementara itu Nada (17) siswi jurusan IPS SMAN 1 mengatakan, pengawasan UN sangat ketat. Ia mengaku cukup senang karena soal-soal yang diujikan berkesinambungan dengan kurikulum, bimbingan belajar dan try out (TO) selama ini.

Lancarnya UN hari pertama juga terjadi di SMA Srijaya Negara. Belaksanaan UN berjalan tanpa hambatan. Ketua Pelaksana Ujian SMA Srijaya Negara Jumadin mengatakan, pihaknya sudah mengadakan persiapan, sejak siswa naik ke kelas 12. Ia berharap hasil UN tahun ini memuaskan dimana persentasi kelulusan siswa mencapai 100%.

Hal senada juga dikatakan Erma Diani pengawas independen dari Unsri. Ia mengatakan, pelaksanaan UN di SMA Srijaya Negara tak ada masalah, semua berjalan dengan prosedur. /cr4