Residivis Pencuri Ditembus Peluru

Palembang, BP

Seorang residivis pencuri sepeda motor ditembak petugas. Pelaku dilumpuhkan karena kabur saat diciduk.

Buronan residivis pencurian sepeda motor sejak setahun lalu, Khairul (27), warga Jalan Robani Kadir RT 6 Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju diterjang timah panas petugas Unit Reskrim Polsek Seberang Ulu (SU) II di kaki kanannya. Tersangka mengaku tak jarang kosan mahasiswa yang sepeda motornya sedang diparkir menjadi sasarannya, Sabtu (14/4) malam.

Dalam penangkapan tersebut, tersangka terbukti mencuri sepeda motor Revo BG 5118 UR milik Saepul Khamim (25) pada Januari 2011 yang lalu di Jalan A Yani Lorong 2 Saudara RT 20 RW 09 Kelurahan 13 Ulu Kecamatan SU II. Dirinya beraksi bersama Dedi yang terlebih dahulu ditangkap dan sedang menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Palembang.

Dari pengakuan tersangka, sudah dua kali mencuri sepeda motor, yang pertama dirinya beraksi dengan temannya menggasak motor Mio yang dijual Rp2 juta di kawasan OKI, dengan bagian Rp700.000 dan ini yang kedua namun belum sempat dijual.

Dijelaskan mantan napi kasus narkoba 2005 dengan dua tahun hukuman penjara dirinya terpaksa mencuri lantaran bokek alias tidak punya uang. Selain itu, dirinya sulit mendapatkan pekerjaan hingga menghalalkan semua cara untuk mendapatkan uang.

“Sebelum beraksi kita biasa keliling dulu, biasanya kosan mahasiswa menjadi target operasi, apalagi motor yang diparkir sedang tidak dikunci atau kunci tertinggal. Kita juga beraksi tidak sendirian dan biasanya selalu berdua,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek SU II Kompol Samrudi melalui Kanit Reskrim Ipda Bobby Altarik mengatakan, tersangka merupakan buronan yang dikejar selama satu tahun dan rekannya sudah ditangkap usai beraksi. “Tersangka ini memang cukup merepotkan petugas dan tergolong licin, saat ditangkap pelaku sempat berontak dan ingin kabur sehingga terpaksa kita lumpuhkan,” kata Bobby.

Menurut Bobby, saat ini pihaknya masih terus mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap jaringan lainnya. “Dari hasil penyidikan yang kita lakukan kepada tersangka, dia melakukan pencurian bukan hanya sekali. Untuk itu, kita terus lakukan pengembangan,” tukasnya. /ren