Polres Gelar Razia Narkoba

Inderalaya, BP

Ruang gerak peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Ogan Ilir (OI) makin sempit. Petugas dari berbagai kesatuan, Jumat (13/4) menggelar razia setiap pengendara.

Selain peredaran narkoba, pembawa senjata tajam juga menjadi sasaran razia untuk meminimalisir tindak kriminal dan bus khususnya dari arah pulau Jawa.

Razia itu bertujuan menekan tingkat kecelakaan lalulintas yang akhir-akhir ini sering terjadi, serta menindak tegas pengendara yang tidak mentaati peraturan lalulintas.

Berdasarkan pantauan, razia tersebut dilakukan di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) yang terbagi di dua titik yakni di depan Rumah Makan Pagi Sore dan di Gapura Selamat Datang Inderalaya ke Muaraenim.

Kapolres OI AKBP Deni Dharmapala terjun langsung mematau razia tersebut. Meski tidak mendapatkan barang-barang yang dimaksud seperti narkoba dan sajam, petugas Unit Lantas menilang puluhan pengendara dari berbagai kesalahan seperti tidak memiliki SIM hingga kelengkapan kendaraan.

Bagi kendaraan yang tidak memiliki bukti kepemilikan kendaraan, kendaraan tersebut digiring ke Mapolres OI.

Kapolres OI Deni Dharmapala didampingi Kabag Humas Iptu Hermawansyah dan Kasat Sabhara AKP Jhon Lee mengatakan, razia tersebut selain untuk menekan tingkat kecelakaan lalulintas serta menindak pelanggar yang tidak mentaati peraturan lalulintas, juga untuk mempersempit ruang garak peredaran narkoba.

“Dengan razia ini, ruang gerak peredaran narkoba akan sulit, apalagi OI setiap harinya dilintasi kendaraan antar provinsi. Kita tidak mau kecolongan juga. Selain itu juga melakukan penertiban kepada pengemudi nakal yang tidak tertib berlalulintas,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan itu rutin dilakukan seminggu dua kali. Hal ini memang sengaja dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tindak kejahatan dan peredaran narkoba yang masuk ke OI.

“Dulu saat razia pernah kita amankan ganja bahkan kita berhasil menangkap pengedar shabu dan pembawa sajam. Ini akan lebih efektif jika dilakukan secara rutin. Intinya Polres siap perang lawan narkoba dan tindak tegas pelaku kriminal,” katanya. /hen