Pembukaan Segel Paket Harus Disaksikan Polisi

Palembang, BP

Untuk mengindari kemungkinan kebocoran soal, pembukaan segel paket harus disaksikan oleh pihak kepolisian.

Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat, secara serentak digelar, Senin (16/4). Penyebaran soal UN ke setiap sekolah di masing-masing Sub Rayon dilakukan pada pagi hari, sekitar pukul 05.30. Untuk mengindari kemungkinan kebocoran soal, pembukaan segel paket harus disaksikan oleh pihak kepolisian.

Hernawati, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang mengatakan, setiap kepala sekolah beserta waka kesiswaan mendatangi kantor Sub Rayon dan mengambil soal UN tersebut. Paket soal UN hanya boleh diambil per mata pelajaran yang diujikan pada hari itu saja.

Paket soal UN yang akan dikirim ke setiap Sub Rayon tetap dikawal oleh pihak kepolisian. Bahkan, ruangan tempat penyimpanan soal UN akan diawasi 24 jam oleh polisi hingga UN usai.

Paket soal UN yang sudah masuk ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang sudah dibagikan langsung ke 24 kepala Sub Rayon SMA Palembang sejak Jumat (13/4). Soal UN dibagikan seusai penyerahan secara simbolis langsung dari Dinas Pendidikan Sumsel.

Penyerahan soal UN dihadiri oleh Dinas Pendidikan Sumsel, tim Universitas Sriwijaya (Unsri), tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pusat, pihak kepolisian dan PT Pos Persero. Selain itu, turut juga hadir 28 Kepala Sub Rayon SMA Palembang. Setelah upacara penyerahan usai, pihak Disdikpora Palembang akan langsung menyerahkan paket soal UN sesuai kuota siswa.

“Untuk tingkat SMA ada 21 kepala Sub Rayon, sedangkan untuk SMK ada sebanyak 7 kepala Sub Rayon. Setiap sub rayon menaungi beberapa sekolahan,” ujarnya.

Sementara itu, Dr H Ahmad Zainuri, MPdi, selaku kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang mengatakan, pihaknya ditunjuk sebagai Sub Rayon 21 untuk pembagian soal UN. Dimana, ada tiga sekolah yang dinaunginya, yaitu MA Paradigma, MA Nasril Islami Muhammadiyah, dan MA Al-Firdaus. Seluruh siswanya pun menumpang ujian di MAN 3 Palembang.

“Agar terkoordinasi secara serentak, maka seluruh siswa dari MA binaan akan serentak ujian disini. Jadi, akan lebih mudah pembagian soal UN dan pengawasannya,” paparnya. Total siswa yang akan mengikuti UN di MAN 3 Palembang sebanyak 288 siswa. Sedangkan dari siswa MAN 3 Palembang sendiri ada sebanyak 219 siswa, tambahnya. /cr4