Pembiayaan Gadai Emas BSB Syariah Rp5,5 M

Palembang, BP

 Bank SumselBabel (BSB) Syariah Palembang mencatat hingga triwulan I/2012, berhasil merealisasikan pencapaian pembiayaan gadai emas khusus ritel sebesar Rp5,5 miliar. Pada momentum tertentu biasanya tren pembiayaan gadai emas ini meningkat signifikan.

Pemimpin BSB Syariah Cabang Palembang Satri Asyik mengatakan, pihaknya sudah sejak lama fokus pada pembiayaan gadai emas, dengan nilai pembiayaan d ibawah Rp100 juta. Ini dilakukan untuk menghindari adanya spekulasi gadai emas.

Dari total portofolio pembiayaan BSB Syariah Cabang Palembang, menurut Satri, sekitar 3 persen difokuskan untuk pembiayaan gadai emas. Selebihnya digunakan untuk pembiayaan konsumtif, produktif, talangan haji, dan lainnya.

Sementara rata-rata nasabah yang memanfaatkan pembiayaan gadai emas ini berasal dari beragam latar belakang, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai swasta, maupun wiraswasta.

“Untuk besaran nominal gadai emas, tergantung dari gadai emas itu sendiri. Seperti Logam Mulia (LM), taksiran pinjaman yang diberikan minimal 80 persen dari harga jualnya. Begitu pula untuk perhiasan, taksiran pinjaman sekitar 75 persen dari total harga perhiasan,” katanya.

Kendati saat ini pertumbuhan pembiayaan gadai emas tidak begitu mengalami peningkatan. Namun, pihaknya optimis peningkatan pembiayaan baru akan terasa pada saat moment-moment tertentu, seperti momentum tahun ajaran baru.

“ Biasanya tren gadai emas mulai meningkat signifikan memasuki tahun ajaran baru yaitu pada Mei dan Juni mendatang. Karena rata-rata masyarakat memerlukan uang tunai untuk keperluan sekolah anaknya. Daripada menjual emas, masyarakat lebih memilih menggadaikannya,” katanya.

Sementara persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan gadai emas sangat mudah, yakni cukup melengkapi identitas diri dan membawa emas bersangkutan. /bud