Pegadaian Salurkan Dana PKBL-CSR Rp1 M

 Palembang, BP

PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Palembang telah merealisasikan bantuan program kemitraan bina lingkungan (PKBL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kota Palembang senilai Rp1.005.115.000. Perseroan terus berkomitmen dan bertanggungjawab untuk membantu perekonomian masyarakat.

        Pemimpin Kantor Wilayah III PT Pegadaian (Persero) Palembang Halomoan Lumban Gaol mengatakan, hingga Maret 2012, pihaknya telah merealisasikan dana PKBL/CSR di Kota Palembang dan sekitarnya senilai Rp1.005.115.000.

“ PT Pegadaian (Persero) ingin terus berbakti terhadap nusa, bangsa dan negara. Melalui bantuan ini, kita sebagai BUMN yang memiliki rasa tanggungjawab sosial dan ingin membantu masyarakat serta pemerintah setempat,” katanya disela puncak HUT ke-111, PT Pegadaian (Persero) di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Minggu (15/4).

Dikatakannya, untuk pemberian bantuan PKBL/CSR pada puncak perayaan HUT, telah direalisasikan sebanyak Rp600 juta. Sementara sejak Januari hingga Maret 2011, telah terealisasi senilai Rp1.005.115.000. “ Ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap semua bidang dan meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan berupa satu unit mobil ambulan serbaguna, lengkap dengan peralatannya kepada Dinas Kesehatan Kota Palembang. Kemudian 10 unit biduk (sampan) kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang.

Lalu, penyerahan telah siap digunakannya selter bus way di Jalan Merdeka dan R Soekamto kepada Dinas Perhubungan Kota Palembang. Lantas untuk kepedulian dalam bidang pendidikan, PT Pegadaian (Persero) Wilayah III, juga memberikan beasiswa kepada 35 orang siswa. Terdiri dari siswa SDN 59, SMPN 09, SMPN 10, SMA Pembina, Unsri, MDP, dan IAIN.

Bukan hanya peduli bidang kesehatan, pendidikan dan pariwisata. Juga dilakukan bantuan pengembangan usaha, berupa 15 gerobak sayur kepada 15 pedagang sayur di Kota Palembang. Kemudian bantuan peralatan tidur ke panti jompo senilai Rp72 juta.

Sejak Januari hingga Maret, telah dilakukan bantuan di antaranya kepada Posyandu Kelurahan Lebung Gajah senilai Rp19,1 juta, Posyandu Kalidoni senilai Rp11 juta. Pemberian perlengkapan Masjid di Sialang Sako Rp10 juta, perbaikan selokan di Kelurahan Silaberanti Rp12 juta, renovasi masjid, pemberian 50 tong sampah di Pasar Satelit.

Kemudian pembuatan gorong-gorong, pembuatan papan nama di Pasar Padang Selasa., penyerahan tong sampah untuk Taman Wisata Punti Kayu, pembuatan jembatan hingga penimbunan halaman sekolah.

Sementara Direktur Pengembangan Bisnis III PT Pegadaian (Persero) Pusat Sumanto Hadi yang sempat hadir di Palembang, mengatakan, penyaluran dana CSR dan PKBL ini diharapkan dapat berguna bagi penerimanya.

” Semoga kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil III Palembang menjadi lebih baik lag. Khususnya untuk target penyaluran dana CSR dan PKBL hingga akhir tahun 2012, secara nasional kita

target sebesar Rp64 miliar,” jelasnya. /bud