Laga Persipura Tentukan Nasib Sriwijaya FC

Palembang, BP

Laga ketiga Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura (Persipura), Papua, di putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) atau Indonesia Super League (ISL) 2011/2012, Selasa (17/4) hari ini, akan menentukan nasib Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC). Jika menang atas tamunya Arema Indonesia, Persipura akan menduduki puncak klasemen sementara LSI.

Sriwijaya FC saat ini masih bertengger di puncak klasemen dengan mengantongi 39 poin dari 18 laga yang telah dijalani. Sedangkan, Persipura mengantongi angka yang sama setelah melewati 19 laga. Laskar Wong Kito unggul karena hanya 16 kali gawangnya kebobolan. Sedangkan Mutiara Hitam telah kebobolan 20 kali.

“Pertandingan Persipura besok (hari ini-red) dapat mempengaruhi perubahan klasemen sementara. Mudah-mudahan Sriwijaya FC tetap berada di puncak,” ujar Manager Sriwijaya FC Hendri Zainuddin kepada BeritaPagi, Senin (16/4).

Jika memang Persipura mampu mengeser Sriwijaya FC, maka pertemuan Laskar Wong Kito dengan Persatuan Sepakbola Indonesia Samarinda (Persisam) Putra Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (18/4) lusa, harus diakhiri dengan kemenangan.

Sebelum menghadapi Arema Indonesia, Persipura berhasil mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 2-1, di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (13/4) lalu.

Persipura yang menargetkan meraih poin penuh di kandang sendiri, sejak menit awal babak pertama pertandingan langsung menekan ke lini belakang pertahanan Persela Lamongan yang dikawal pemain asing Inkyun On.

Memasuki menit keempat babak pertama, pemain bertahan Persela menjegal striker gaek tim Mutiara Hitam di kotak terlarang sehingga wasit Hamsir yang memimpin pertandingan langsung menunjuk titik putih.
Albertho yang biasa disapa Beto oleh penggemarnya yang langsung berperan sebagai algojo mengambil pinalti, menendang keras bola ke arah gawang sehingga tidak dapat ditepis oleh kiper Persela Lamongan Khoirul Huda dan gol pun tercipta.

Persela yang terkejut dengan gol cepat itu berusaha membalas ketertinggalannya dengan meningkatkan pola permainan menyerang tapi upaya mereka selalu kandas di kaki bek Persipura Jayapura yang dikawal oleh Ricardo Salampessy.

Namun gawang Persipura Jayapura bobol sekali oleh gol manis Gustavo Lopes, Kapten Persela Lamongan, pada pertengahan babak pertama sehingga skor pun berubah jadi 1-1.

Posisi imbang itu membuat anak-anak asuhan Jacksen F Thiago terus berusaha menekan dari berbagai lini pertahanan tim Persela Lamongan. Hasilnya, hingga babak pertama usai Persipura unggul 2-1 atas tim asuhan Miroslav Janu itu.

Memasuki babak kedua, kedua tim terlihat saling menyerang, peluang demi peluang terus tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Persipura Jayapura tidak berubah hingga wasit Hamsir meniup pluit panjang. /ton