Atlet Sumsel Raih Empat Medali

Palembang, BP

Atlet atletik Sumatera Selatan (Sumsel), berhasil mengukir prestasi membanggakan pada Kejuaraan Nasional Atletik Junior, di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SGUBK) Jakarta, Sabtu (14/4) kemarin. Mereka berhasil menyumbang empat medali, dengan rincian dua medali emas dan dua medali perak.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Suluruh Indonesia (PASI) Sumsel, Thia Yufada mengatakan, medali emas tersebut disumbangkan oleh pelari putri Sri Maya Sari nomor 400 meter dan Rio Maholtra di nomor lari gawang 110 meter, yang mencatat waktu 14,02detik.

Ini menjadi rekor nasional baru sekaligus mendapat tiket berlaga ke olimpiade atletik dunia, yang bakal dihelat di Barcelona Juli mendatang.

“Kita patut berbangga karena regenerasi atlet atletik Sumsel mulai kelihatan,” ujar Thia, Minggu (15/4).

Selanjutnya dua medali perak disumbangkan oleh pelari putri Kadek dan Yevi Nabela. Torehan prestasi ini merupakan gambaran atletik Sumsel dalam mengumpulkan emas di PON Riau, September mendatang.

“Kita beraharap perak saat ini bisa berubah emas di PON nanti dan emas yang ada tetap dipertahankan,” sambungya.

Berdasarkan hitungan di atas kertas, empat medali emas atletik sudah di tangan. Pasalnya, sejumlah atlet atletik Sumsel, untuk saat ini merupakan pemegang juara nasional. Seperti Niputu Desi pada nomor Lompat tinggi gala, Rio Maholtra lari gawang 110 meter, pelari putri 400 meter dan Jauhari Johan yang akan turun di maraton juga diprediksi meraih emas.

“Berdasarkan peta kekuatan saat ini empat medali emas berpeluang kita raih. Namun, kita juga yakin atlet muda Sumsel juga akan memberikan kejutan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Bidang Pertandingan KONI Sumsel Djumadin Syafril mengatakan, hasil kejuaraan nasional junior dan remaja ini akan menjadi ajang evaluasi guna peningkatan performance atlet dan persiapan ke PON. Saat ini, atlet yang mendapat tiket ke PON telah menjalani Pelatihan Daerah (Pelatda).

“Kita berencana mengirimkan atlet latihan ke luar, untuk meningkatkan performa mereka. Tapi akan diseleksi yang berpotensi saja,” tuturnya. /mew