Tanpa Kayamba, Turunkan Tiga Striker

Palembang, BP

Sriwijaya FC tidak diperkuat Kayamba saat dijamu Persisam Putra Samarinda. Tanpa top scorer sementara LSI itu, Hilton akan didampingi Risky dan Siswanto.

Striker atau penyerang Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC) Keith Jerome Kayamba Gumbs terkena akumulasi kartu kuning. Akibatnya, Kayamba harus tidak memperkuat Laskar Wong Kito pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) atau Indonesia Super League (ISL) 2011/2012, saat dijamu Persatuan Sepakbola Indonesia Samarinda (Persisam) Putra Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), di Stadion Segeri, Samarinda, Rabu (18/4) lusa.

Kepala Pelatih Sriwijaya FC Kashartadi kerap kali merubah formasi ketika Kayamba atau Hilton Moreira tidak dapat diturunkan di lapangan hijau. Jika Kayamba-Hilton tidak absen, Kashartadi kerap menggunakan 4-4-2. Yakni, empat pemain di delakang atau bek, empat gelandang, dan dua striker.

Tanpa Kayamba atau Hilton, Kashartadi lebih memilih formasi 4-3-3. Yakni, menempatkan empat bek, tiga gelandang, dan tiga striker di lini depan.

“Kayamba terkena akumulasi kartu kuning, diganti Risky. Bisa Siswanto juga nanti yang didepan,” ujar Kashartadi kepada BeritaPagi, Minggu (15/4).

Kashartadi tetap optimis kesebelasan Laskar Wong Kito tetap bisa mencuri poin di kandang Persisam meski tanpa Kayamba. “Kayamba memang sangat penting, tapi kami tetap berusaha mencuri poin di kandang Persisam, syukur-syukur bisa tiga poin. Tidak kehilangan poin saja sudah baik,” katanya.

Manager Sriwijaya FC Hendri Zainuddin mengatakan, Kashartadi tentu memiliki solusi jika Laskar Wong Kito terpaksa tidak diperkuat Kayamba. “Masih ada Risky Nopriansyah dan Siswanto. Beberapa kali Sriwijaya FC bermain tanpa Kayamba, nyatanya, kita bisa melewatinya,” ujar Hendri.

Laga tandang di kandang Persisam tentu menjadi laga berat bagi Sriwijaya FC. Pesut Mahakam tentu tidak ingin Laskar Wong Kito mencuri poin di kandang mereka. Sementara bagi Sriwijaya FC menang atas Persisam menjadi sangat penting jika tidak mau terkejar oleh Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura (Persipura), Papua, yang terus membuntuti di klasemen sementara.

Sebelum menghadapi Sriwijaya FC, Persisam Putra Samarinda ditahan imbang 2-2 oleh tamunya Persatuan Sepakbola Indonesia Raja Ampat (Persiram), Papua, Sabtu (14/4) lalu. Sedangkan Sriwijaya FC berhasil mengatasi tuan rumah Delta Putra Sidoarjo (Deltras), Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (13/4) lalu. /ton