Rio Menuju Barcelona

Palembang, BP

Pelari gawang Sumatera Selatan Rio Maholtra akan tampil di kejuaraan dunia atletik di Barcelona, Juli mendatang. Pelari asal Lahat ini, melampaui standar waktu kejuaraan dunia atletik kala mengikuti Kejuaraan Nasional Remaja 2012 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (12/4).

Rio mengukir catatan waktu 14.02 detik. Catatan tersebut memecahkan rekor nasional nomor lari gawang 110 meter atas nama Andre Prasetyo, yang mengukir waktu 14,35 detik.

Sebelum mengikuti kejuaraan dunia mendatang, pelari yang baru berusia 18 tahun ini akan tampil terlebih dahulu di Kejuaraan Asia di Kolombo, Srilangka, Juni 2012.

“Kita yakin, Rio mampu menunjukkan performa terbaiknya, untuk mengharumkan nama daerah dan bangsa,” kata Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel Thia Yufada, Jumat (13/4).

Dia melanjutkan, prestasi yang ditorehkan Rio memuluskan cita-cita Sumsel untuk menyumbang emas Olimpiade Dunia bagi Indoneisa. “Kita akan membuktikan bahwa Sumsel juga memiliki atlet andal yang mampu menjadi juara dunia,” jelasnya.

Ini bukan kali pertama Rio memecahkan rekor nasional. Sebelumnya dia pernah mencatat waktu 14,35 detik saat Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2010. Namun, catatan waktu di Popnas itu tidak diakui karena tidak dilakukan tes doping.

Rio sendiri masih belum puas meski berhasil memecahkan rekor nasional dan promosi ke olimpiade dunia. Target pribadi yang dicanangkannya pada kejuaraan itu, belum tercapai.

“Sebenarnya saya menargetkan 3,99 detik. Mungkin, kurang latihan sehingga belum bisa tercapai,” tukasnya.

Tampil di Barcelona Juli mendatang, Rio tidak memasang target juara. Ia hanya ingin memperbaiki catatan waktunya.

“Di Barcelona nanti saya menargetkan bisa tembus 13.00 detik, tolong doanya,” kata Rio.  /mew