Polisi Sekarat Ditembak Perampok

Kayuagung, BP

Saat hendak menjemput istrinya, Brigpol Pasehono dihadang perampok. Begitu mengetahui targetnya seorang anggota polisi, para pelaku menembak dan menusuknya.

Aksi perampok di wilayah Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), semakin brutal. Mereka tak segan-segan melukai korbannya termasuk seorang anggota polisi.

Anggota polisi bernasib malang adalah Brigpol Pasehono (34), anggota Polsek Mesuji Raya. Pasehono kini terbaring di Rumah Sakit RK Charitas setelah ditembak perampok, Sabtu (14/4).

Bintara polisi ini sekarat setelah dadanya terkena tembakan hingga tebus ke punggung. Selain luka tembak, Pasehono juga menderita luka tusuk di bagian pinggangnya. Kini para pelaku perampokan tengah diburu anggota Unit Reskrim Polsek Mesuji dan Sat Reskrim Polres OKI hingga ke Lampung.

Kapolres OKI AKBP Agus Fachtulloh melalui Kapolsek Mesuji AKP Dwi Handoko mengatakan, kejadian berawal saat korban melintas menggunakan sepeda motor di areal kebun sawit di belakang Desa G3, Desa Kerta Mukti, Kecamatan Mesuji Raya,  Sabtu pagi.

Saat  korban melintas tiba-tiba dihadang oleh dua perampok yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vixon hitam. Kedua pelaku langsung menodongkan senpi dan sajam  lalu memaksa Pasehono agar menyerahkan sepeda motornya.

“Saat itu anggota kita sempat bergulat dengan pelaku. Namun karena perkelahian tak seimbang akhirnya anggota kita ditembak di dada hingga tembus dan luka tusuk di bagian pinggang. Sepeda motornya merek Honda Revo nopol L 351 NG dan HP nomor 08217621061065 dibawa kabur pelaku,” ujarnya.

Menurut Dwi, saat itu anggotanya bermaksud melintas di jalan poros menuju ke luar jalan aspal wilayah Mesuji. “Namun di tengah perjalanan tepatnya di belakang desa Kerta Mekti dan desa Kemang Indah Kecamatan Mesuji Raya OKI, langsung dihadang dua pelaku,” ujarnya.

Sebenarnya saat dihadang, Pasehono sempat menyuruh kedua pelaku menyerahkan dirinya. Namun, begitu kedua pelaku tahu sasarannya anggota polisi, mereka kalap lalu menyerang Pasehono secara membabi buta.

“Karena diserang maka terjadilah pergulatan dengan kedua pelaku. Pelaku merasa terdesak lalu menembak korban dan tembakan tersebut tepat mengenai dada,” kata Kapolsek.

Meski dalam kondisi tertembak, Pasehono masih sempat melakukan perlawanan. Melihat korban masih melakukan perlawanan, salah seorang pelaku yang menggunakan senjata tajam langsung menusuk pinggang Pasehono.

“Akibat luka tusuk tersebut korban tak berdaya dan terjatuh bersimbah darah. Melihat korban tak berdaya, kedua pelaku langsung melarikan diri dan membawa kabur sepeda motor Honda Revo dan sebuah HP milik korban,” tambahnya.

Tak lama kemudian, Pasehono ditemukan oleh warga yang kebetulan melintas di lokasi kejadian. Warga langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mesuji Raya dan Mesuji Induk.

“Mendapat laporan warga, kita langsung mendatangi TKP dan membawa korban ke RSUD Kayuagung lalu dirujuk ke RS RK Charitas Palembang,” jelasnya.

Kasat Reskrim AKP Surachman saat dikonfirmasi wartawan menambahkan, pihaknya sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku. ”Saat ini kita sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku, diperkirakan pelaku kabur ke arah Lampung,” katanya.

Hingga semalam Brigpol Pasehono terbaring lemah di Ruang Kelas I Elisabeth nomor 14 RS K Charitas dengan pengawalan ketat beberapa anggota polisi. /ros/ren