Pembunuh Ryan Terancam 15 Tahun Penjara

Palembang, BP

Sidang tuntutan pembunuhan Ryan Kharisma (16) pelajar kelas XI SMU 18, Palembang, dengan terdakwa SW akan berlangsung, Senin (17/4) besok.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Palembang Wawan Setia kepada BeritaPagi, Sabtu (14/4), mengatakan, terdakwa SW dijerat pasal 340 Kitab Undang Undang Hukum Pidana tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

“Memang harusnya hukuman seumur hidup, berhubung anak-anak hukuman itu sangat berat untuk bisa diterapkan karena itu kemungkinan hukuman seumur hidup bisa diganti menjadi 15 tahun,” kata Wawan.

Menurut jaksa fungsional Kejari Palembang itu persidangan terdakwa SW mendatang tetap dipimpin majelis hakim yang diketuai Zuhardi, dengan pembelaan langsung dari Pos Bantuan Hukum Pengadilan Negeri Klas IA Palembang.

Ia berharap terdakwa, kuasa hukum terdakwa, keluarga korban dapat tertib mengikuti aturan persidangan sehingga persidangan dapat berjalan lancar, dan terdakwa segera mendapatkan penetapan hukum tetap.

Pembunuhan terhadap  Ryan terjadi sekitar Oktober 2011, di Jalan R Ganda Subrata, kawasan kuburan Cina, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Palembang.

Sebelum kejadian para tersangka yang jumlahnya empat orang berkumpul di rumah yang terletak di Jalan Inspektur Marzuki untuk merencanakan perampokan terhadap korban.

Saat itu korban dijemput para tersangka lalu mereka menenggak minuman keras. Setelah mabuk korban dibawa ke kawasan Jalan R Ganda Subrata lalu ditusuk oleh SW hingga terjatuh berlumuran darah.

Kemudian, tersangka lain juga menusuk pisau ke bagian perut korban sebanyak dua kali, belum puas menusuk leher dan perut korban, tersangka lain juga menusuk punggung korban hingga tewas di lokasi kejadian.

Sekitar awal Februari 2012 mayat korban yang sudah menjadi tulang belulang di temukan masyarakat sekitar lokasi kejadian. Kemudian polisi barhasil meringkus dua orang tersangka. /git