Jalan Negara Longsor

Lahat, BP

Lebih dari enam bulan kondisi Jalur Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera di Kabupaten Lahat tak kunjung diperbaiki.

Padahal, ruas jalan negara yang mengalami longsor itu berada di posisi tikungan, sehingga  sangat membahayakan pengemudi kendaraan yang melintas.

Pemantauan di lapangan, Minggu (15/4), longsornya jalan  yang berada di Desa Sendawar, Kecamatan Kikim Timur memiliki panjang sekitar sepuluh meter dengan lebar antara 50-100 sentimeter.

Apabila ada kendaraan dari arah Kabupaten Lahat hendak mengambil jalur dari arah berlawanan, bisa tertabrak dengan kendaraan yang lain.

“Sebenarnya kami sudah mulai cemas dengan kondisi jalan seperti ini karena sangat membahayakan. Misalkan kami dari arah Lahat, maka otomatis akan mengambil jalur dari arah berlawanaa, karena bila terlalu ke pinggir ditakutkan aspal akan lonsor,“ ujar Wawan.

Dikatakan pegawai yang bertugas di Kecamatan Kikim Timur ini, korban sudah berjatuhan.

Beberapa waktu, menurut dia,  ada temannya terserempet kendaraan dari arah berlawanan hingga terjatuh. Namun beruntung tidak mengalami luka parah.

“Wajar saja bisa terjadi kecelakaan karena jalan tersebut banyak dilintasi oleh orang luar karena jalur tersebut merupakan daerah perlintasan kendaraan besar. Paling tidak kalau orang dari Kawa mau ke Padang ataupun Jambi kebanyakan akan memilih Jalinteng Sumatera ini,” katanya. /tom