Batu Cadas Tutupi Jalan

Pagaralam, BP

Bebatuan cadas yang berada di atas jalan lintas Pagaralam-Lahat tepatnya di kawasan Lematang Indah Dempo Selatan, mengalami  longsor, Minggu (15/4) sekitar pukul 07.00.

Tak pelak, akibat longsor ini arus lalulintas kendaraan nyaris lumpuh. Namun setelah dilakukan pembersihan oleh warga  dibantu  petugas Dinas PU Satuan Lantas Polres Kota Pagaralam, arus kendaraan kembali normal.

Informasi dihimpun, sebelum terjadinya longsor, hujan deras mengguyur Kota Pagaralam dalam beberapa hari terakhir.

Lebih kurang enam  meter batu cadas yang longsor menutupi ruas jalan negara yang menghubungkan Kota Pagaralam menuju Kabupaten Lahat.

Marwan (35), pengendara mobil yang melintas mengatakan, longsor tersebut terjadi sangat cepat, bebatuan yang runtuh dari atas tebing hingga menutupi jalan membuat kendaraan tidak bisa melintas.

Kapolres Pagaralam AKBP Abi Darrin melalui Kasatlantas AKP Tamimi mengatakan, longsor yang terjadi tak begitu luas dan tak sempat menimbun jalan negara Pagaralam-Lahat secara keseluruhan.

Sehingga material berupa batua cadas dapat dibersihakan sehingga arus lalulintas dapat kembali normal.

“Memang sempat terjadi kemacetan, tapi karena kondisi jalan sedang sepi membuat kemacetan tidak parah dan material longsoran dapat segera dibersihkan sehingga arus kendaraan dapat kembali normal,” katanya. /dar