Pengusutan Dugaan Korupsi CSR PTBA Mandek

Palembang, BP

Upaya pengusutan dugaan penyimpangan dana bantuan sosial atau social corporate social responsibility (CSR) PT Bukit Asam (PTBA) di Kabupaten Muaraenim yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) jalan di tempat.

Pasalnya, sejak laporan dugaan korupsi itu disampaikan langsung Indonesia Corruption Watch (ICW) Sumatera Selatan dan Jaringan Anti Korupsi ke Kejati Nopember 2011 hingga April 2012 belum juga ditetapkan tersangkanya.

“Masih dilakukan penyelidikan bukan tidak disentuh, semua kasus yang masuk pastinya berjalan, semuanya butuh proses. Nanti kalau sudah ada tersangkanya secepatnya disidang dan diumumkan,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumsel Ikeu Bahtiar kepada BeritaPagi, Kamis (12/4).

Diketahui sebelumnya, dugaan penyimpangan CSR PTBA di Kabupaten Muaraenim diungkapkan ICW Sumatera Selatan dan Jaringan Anti Korupsi dalam aksi damai di Kejati Sumsel, Selasa (1/11) tahun 2011.

Koordinator Aksi Akbar Irwansyah di sela-sela aksi mengatakan, dugaan penyimpangan dana bantuan sosial PTBA di Kabupaten Muaraenim itu pada sejumlah proyek pembangunan, diantaranya proyek pembangunan dan perbaikan empat unit jembatan di Kelurahan Pasar Tanjungenim, Desa Negeri Agung dan Kelurahan Pasar 1 Muaraenim.

Kemudian, pada proyek pembangunan empat sarana pemandian umum untuk warga desa Kelurahan Muaraenim di Desa Muara Lawai dan Desa Lubuk Ampelas.

Lalu, pada proyek penyediaan sarana kerja peralatan kantor untuk perangkat Desa Banjar Sari, Desa Muara Lawai, Desa Tanjung Agung, Desa Merapi, dan penyimpangan dana renovasi balai pertemuan masyarakat di Kelurahan Pasar Tanjungenim, Desa Negeri Agung dan di Kelurahan Pasar 1 Muaraenim.

Akbar mengungkapkan informasi dugaan penyimpangan dana bantuan sosial PTBA di Kabupaten Muaraenim itu diketahui dari hasil investigasi dan riset langsung ke Kabupaten Muaraenim.

Ia pun berharap Kejati Sumsel dapat segera bertindak, mengusut dugaan penyimpangan dana bantuan sosial PTBA agar ada kejelasan penuh wujud peduli lingkungan PTBA terhadap lingkungan dan masyarakat. /git