Fuso Pengangkut Pupuk Kecelakaan

Pagaralam, BP

Truk Fuso Hino Super Ranger FF bernomor Polisi BD 8209 LK menghantam dinding cadas kawasan rawan kecelakaan lalulintas dan rawan longsor, Liku Endikat di Dusun Mingkik, Kecamatan Dempo Selatan. Diduga kuat as mobil yang patah menyebabkan kejadian lakalantas tunggal truk sarat muatan pupuk NPK Ponska tujuan Kepahyang, Bengkulu tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kecelakaan tersebut mengakibatkan arus lalulintas menuju Kota Pagaralam lumpuh. Badan truk yang melintang di tengah jalan menjadikan kendaraan lain tidak bisa melintas, terlebih lagi kondisi jalan yang sempit dan terletak di tepi jurang membuat kendaraan macet selama 17 jam lebih.

Informasi yang dihimpun, Kamis (12/4) menyebutkan, peristiwa itu terjadi, Rabu (10/4) sekitar pukul 23.30. Petugas dibantu petugas berusaha menyingkirkan truk dari badan jalan, sehingga pagi hari sekitar pukul 08.00 truk bisa dipinggirkan ke tepi jalan sehingga arus kendaraan bisa melintas meskipun hanya satu arah. Untuk mengantur kelancaran arus lalulintas luar dan dalam Kota Pagaralam, petugas Satlantas Polres Pagaralam terus berjaga-jaga hingga Kamis pagi.

Barul (45), sopir fuso Hini, warga Kabupaten Kephayang mengatakan, kecelakaan itu berawal dari truk yang dikendarainya mengalami patah as.  Kondisi ini membuat ia tidak bisa mengendalikan truk. Terlebih kondisi medan jalan yang menanjak yang mengakibatkan truk dikendarainya menghantam diding cadas Liku Endikat. “Tiba-tiba saja As mobil patah, untung tidak masuk jurang,” katanya.

Menurutnya, rencananya truk muatan pupuk NPK Phonska diambil dari daerah Lampung dan hendak dibawa menuju daerah Kabupaten Bengkulu, akan tetapi setiba di lokasi yang memang memiliki tikungan dan tanjakan tinggi kecelakaan maut tersebut tidak bisa dihindarkan.

Kapolres Pagaralam AKBP Abi Darrin melalui Kasat Lantas AKP Tamimi didampingi KBO Lantas Iptu Sigit ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kecelakaan itu hingga mengakibatkan akses Lahat-Pagaralam lumpuh. Untuk itu, sebagai upaya mengatur kelancaran arus lalulintas, petugas di lapangan telah meminta kepada sopir fuso, untuk dapat memindahkan muatan pupuk ke fuso rekannya, agar fuso bisa bergerak dan dilakukan perbaikan secepatnya.

“Kondisi jalan yang menanjak dan sempit mengakibatkan kemacetan,” katanya. /dar