Buronan Ditembak Saat Mandi

Martapura, BP          

Seorang buronan pencuri ditembak saat sedang mandi. Pelaku mencoba kabur ketika diringkus petugas.

Buronan spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Samsul Rifai (22), warga Desa Karang Binangun, Kecamatan Belitang Madang Raya diringkus Satuan Reserse Polres OKU Timur pimpinan AKP Janton Silaban, Rabu (11/4) sekitar pukul 18.00 di kediamannya saat sedang mandi.

Namun saat hendak diringkus tersangka mencoba melarikan diri sehingga aparat melumpuhkan tersangka dengan sebutir timah panas yang bersarang di betis kirinya.

Informasi yang dihimpun, tersangka Samsul merupakan pelaku curanmor yang kerap beraksi di parkiran motor wilayah Belitang dan sekitarnya. Tersangka menjadi buronan setelah mencuri sepeda motor jenis Yamaha Vixon BG 6746 YL pada 7 Oktober 2011 milik korban Egi Dius Nugroho (16), warga Desa Tugu Mulyo, Kecamatan Belitang Madang Raya.

Berdasarkan pengakuan tersangka di hadapan penyidik, saat itu sekitar pukul 23.00 dia bersama rekannya RK tengah jalan-jalan di pasar Gumawang. Melihat ada motor yang terparkir tersangka Samsul langsung mengambil motor yang tengah diparkir disaat korban sedang membeli martabak.

Mendapati motornya dicuri korban langsung melaporkan kejadian tersebut di kantor polisi terdekat. “Saya kaget pak saat melihat motor saya sudah tidak ada lagi,” ujar korban di hadapan penyidik.

Mendapatkan laporan dari korban, polisi langsung melakukan pengejaran. Beruntung motor yang dicuri korban belum sempat dijual. Ketika korban mendapati motornya dipakai tersangka, korban langsung melaporkan ke polisi. Mendapat laporan dari korban, polisi langsung bergerak meringkus tersangka di kediamannya.

“Rencananya motor itu akan saya jual, namun belum sempat dijual saya keburu ketangkap polisi,” ujar Samsul.

Kapolres OKU Timur AKBP Kristiyono melalui Kasat Reserse AKP Janton membenarkan telah menangkap tersangka Samsul. Lantaran mencoba melarikan diri saat hendak ditangkap anggota terpaksa melumpuhkan kakinya setelah diberi tembakan peringatan.

“Tersangka merupakan spesialis pencurian motor diparkiran. Saat ini kita akan terus mengembangkan kasusnya, karena diduga pencurian ini merupakan komplotan yang kerap meresahkan warga,” pungkasnya. /mas