Semangat Guru Harus Dipacu

Palembang, BP
Peran guru dalam memajukan bangsa sangat penting maka dari itu semangat para tenaga pendidik ini harus terus dipacu. Sebab, tidak mungkin negara bisa maju jika pendidikannya kendor, kunci utamanya adalah guru harus terus diberikan semangat.

Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf usai menghadiri prosesi wisuda ke-34, Universitas PGRI Palembang, di Graha Serbaguna Dekranasda, Rabu (12/4) mengatakan, selain kualitas juga harus dibarangi dedikasi yang baik sehingga bisa diterima di masyarakat.

Ia menilai apapun kesulitan yang dihadapi guru saat melaksanakan tugas di lapangan harus terus dimotivasi, sehingga mereka akan terus mampu mencetak, generasi penerus yang berkualitas untuk membangun negara ini.

Selain itu, dengan adanya perguruan tinggi swasta yang memiliki fakultas keguruan sangat luar biasa, mengingat kebutuhan guru yang berkualitas terus meningkat lantaran perkembangan jumlah sekolah tidak hanya negeri terapi juga swasta.

“Sebenarnya ini sudah luar biasa, dulu fakultas keguruan hanya ada di perguruan tinggi negeri, namun dengan dibantu UPGRI maka dapat memenuhi kebutuhan guru, mengingat pertumbuhan sekolah yang sangat pesat saat ini. Jadi saya yakin guru mesti terus di semangati,” katanya.

Ia melanjutkan, untuk pembekalan sejak dini segala ilmu pengetahuan termasuk bidang olahraga, adalah dari guru. Jadi, sangat diharapkan di Universitas PGRI ini dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan ilmu pengetahuan, guna mencetak calon guru berkualitas.

“Kita tidak akan berbicara seperti saat ini jika tidak karena guru dan berbicara kualitas, seperti saat ini di tingkat SD sebagian besar sudah berkualifikasi sarjana. Namun, semua itu tergantung dedikasinya di masyarakat untuk dapat mengembangkan diri. Kualitas baik percuma jika tidak dibarangi dengan dedikasi yang bagus dan jauh dari siswa yang diajarkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Syarwani Ahmad menuturkan di wisuda kali ini pihaknya melepas 577 lulusan dari empat fakultas dan satu Program Pascasarjana. Di antaranya 505 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), sembilan orang dari Fakultas Ekonomi, 11 orang Fakultas Teknik, 12 orang Fakultas Mipa, dan 40 orang dari Program Pascasarjana.

“Pendidikan tinggi mempunyai peran penting untuk mendidik ilmuan yang berwawasan luas dan tenaga kerja yang profesional. Untuk itu, Universitas PGRI sebagai lembaga pendidikan tinggi di Sumsel mengemban tugas pembangunan itu melalui visi menjadi universitas yang unggul, dinamis dan berperan aktif dalam pembangunan pada 2025,” tuturnya. /ris