Rumah Sakit Mata Sumsel Kembangkan PGPK

Palembang, BP

          Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat (RSKMM) Sumsel terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan mata. Salah satunya dengan mengembangkan program penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan (PGPK).

Wakil Ketua Komite Medik RSKMM Sumsel, dr Samsul, dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (11/4), mengatakan, program tersebut untuk menekan angka kebutaan yang saat ini mencapai 1,5 persen. “Dengan adanya PGPK ini nantinya ‘Vision 2020 The Right to Sight’ atau hak untuk melihat secara optimal setiap individu di Sumsel pada tahun 2020 bisa tercapai,” kata dia.

Selain itu, menurut Samsul, sistem pelayanan yang saat ini berlaku, nantinya masih akan dipertahankan dan akan ditingkatkan agar lebih baik lagi. Dengan demikian, pasien yang berobat akan merasa nyaman dan puas sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk memberikan pelayanan maksimal itu, selain ditunjang peralatan canggih, RSKMM juga akan menggunakan sumber daya manusia (SDM) dari tenaga ahli yang profesional.

Dijelaskan, RSKMM Sumsel juga melayani program berobat gratis. Prosedur serta persyaratannya sama seperti di rumah sakit umum, yakni fotokopi KTP dan KK, serta surat rujukan dari puskesmas ditambah surat pengantar dari lurah.

Sedangkan bagi masyarakat yang dari luar Kota Palembang, berkas yang diperlukan untuk mendapat pelayanan gratis adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, rujukan dari puskesmas ke RSUD, kemudian dari RSUD baru ke RSKMM. Tak lupa surat pengantar dari lurah setempat dan surat keterangan dari Dinas Kesehatan di mana pasien berdomisili. /adk