PLN Tertibkan Pelanggan

Prabumulih, BP

 

Sedikitnya 42 pelanggan sambungan listrik ditertibkan oleh PLN Rayon Prabumulih Cabang Lahat. Tindakan ini dilakukan lantaran para pelanggan itu telah melakukan pelanggaran berupa pencurian listrik.

Manajer Rayon Prabumulih Cabang Lahat Adi Purwono melalui Supervisor P2PL Yunizar, Rabu (11/4), mengatakan, tindakan secara preventif secara intens, terus dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negera (PLN) Ranting Prabumulih Cabang Lahat.

“Setiap hari kita melakukan razia listrik ke rumah-rumah masyarakat Prabumulih. Sudah satu bulan ini kita lakukan razia,” ujarnya.

Dijelaskan dia, dari 42 sambungan yang berhasil ditertibkan tersebut, daerah Patih Galung merupakan jumlah tertinggi yang melanggar dengan memasang dumper dan melubangi KWH meter yaitu 25 sambungan.

Dengan demikian, pihaknya terpaksa melakukan pemutusan karena pelanggan terbukti mencuri listrik.

Akibat mencuri listrik ini, menurut dia, PLN mengalami kerugian puluhan juta. “Total kerugian PLN berkisar Rp91 juta,” jelasnya.

Mengenai sanksi, dia mengatakan tergantung dengan pelanggaran yang dilakukan, baik teguran, sanksi adminstrasi berupa denda, dan pemutusan sambungan.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada pelanggan PLN yang sudah diputus aliran listriknya, pihaknya akan memasang kembali setelah kewajibannya sudah dipenuhi. Onov