Pemindahan Kantor PMI Perlu Waktu Setahun

Palembang, BP

Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah (UTD) cabang Kota Palembang yang akan pindah dari gedung Rumah Sakit Moehammad Hoesin (RSMH), masih memerlukan waktu untuk mencari lokasi baru. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu hingga dua tahun ke depan.

Demikian dikatakan Sekretaris PMI Palembang, Apriadi S Busri yang juga menjabat sebagai Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Palembang, Rabu (11/4). Menurut dia, permintaan pindah kantor PMI itu telah direncanakan jauh hari sebelumnya. Namun karena terkendala tempat atau lokasi yang strategis, maka belum direalisasikan.

“Kami bersama Ketua PMI yakni pak Romi telah lama merencanakan pemindahan kantor tersebut, namun belum ada lokasi yang cocok. Sehingga masih perlu waktu satu hingga dua tahun ke depan untuk pindah dari RSMH itu,” jelasnya.

Pemindahan kantor itu sendiri, menurut Apriadi, bukan persoalan yang mudah karena membutuhkan biaya untuk membangun tempat baru. Terlebih anggarannya belum ada sama sekali. “Biaya untuk pindah kantor belum ada, tapi sedang kita usulkan semuanya itu,” kata Apriadi.

Terpenting, tegas Apriadi, paling lambat 2013 mendatang pihak PMI telah memiliki kantor baru dan tempatnya pun terletak di lokasi yang mudah dijangkau. “Yang jelas 2013 nanti PMI sudah memilki kantor baru,” tegas dia.

Alasan PMI mesti pindah dari RSMH, lantaran pihak rumah sakit akan membangun atau menambah ruangan rawat inap pasien kelas III, yang saat ini jumlah pasiennya semakin meningkat. “Kita memaklumi kondisi rumah sakit untuk membangun ruangan itu, makanya kita sedang mencari lokasi baru,” ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Utama RSMH Palembang dr Yanuar Hamid, SpPD. MARS mengatakan, saat ini pihaknya mempunyai 1.015 bed atau tempat tidur, dan jumlah ini penuh atau terpakai semua. “Oleh sebab itulah, kita perlu menambah ruangan pasien kelas III,” katanya.

Menurut Yanuar, pihaknya juga telah beberapa kali menyurati pimpinan PMI Palembang mengenai hal ini namun belum ada konfirmasi pemindahan kantor PMI itu. Direksi RSMH berharap, PMI segera mencari lahan dan meninggalkan kantor PMI Cabang Kota Palembang saat ini yang merupakan aset RSMH Palembang ini. “Kita sedang membutuhkan lahan ini, dan ini cukup mendesak untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya. /rul