Jangan Sentuh Tomcat!

Martapura, BP

Peringatan bagi siapa saja yang menemui hewan serangga yang bernama tomcat atau dengan nama lati nKumbang Paederusagar tidak menyentuh hewan ini.

“Sepanjang hama Tomcat tidak diusik mereka takkan menyerang kita. Karena sifat serangga tersebut sama dengan jenis predator lainnya jika diserang jelas melawan. Untuk itu kita semua harus waspada dan perlu bersama-sama menanggulanginya,” jelas Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) OKUT Tubagus Sunarseno, Rabu (11/4).

Perkembang biakkan tomcat masuk ke OKUT,  salah satu penyebabnya tingkat pengendalian pemakaian insektisida yang berlebihan.

“Akibat petani terlalu over memakai obat jenis insektisida dalam melakukan penyemprotan terhadap tanamannya membuat terjadinya perubahan,” ujarnya.

Menurut dia, pencegahan dan penanggulangan akan segera dilakukan agar serangga tomcat tidak semakin menyebar luas di OKUT.

“Yang terpenting masyarakat tidak usah terlalu kuatir dan tetap harus waspada. Kalau terkena serangga tomcat cepat segera bawa ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit. Dan pihak TPH akan melakukan tindakan supaya Tomcat tidak berkembang luas,” terang Tabagus.

Dia menambahkan, tindakan pencegahan dan penanggulangan akan ditujukan ke lokasi  penyebaran pertama, selain tempat yang dianggap rawan untuk terjadinya perkembang biakkan tomcat itu. /mas