Gubernur Serahkan 1.000 Unit Rumah Murah

Palembang, BP

Dari 2.000 unit rumah murah tipe 36 di atas lahan seluas 120 meter persegi yang telah diprogramkan pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel, hari ini Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akan menyerahkan pembangunan 1.000 unit rumah di kawasan Jakabaring Seberang

Ulu I Palembang kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Palembang.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, semua ini merupakan program lanjutan pembangunan 2.000 unit rumah murah yang sehat dan terjangkau. Dari 1.000 unit yang disediakan bagi para guru dan PNS yang saat ini proses angsurannya masih berjalan di Bank Sumsel Babel cabang Syariah Palembang. Sedangkan 1.000 lainnya dipersiapkan untuk masyarakat pekerja sektor non formal tipe 21 dengan luas tanah 90 meter persegi dengan cicilan lebih ringan.

“Kita menyadari penyediaan pembangunan rumah murah oleh Pemprov Sumsel ini dirasakan masih jauh dari mencukupi dibanding dengan jumlah pemohon. Oleh karena itu Pemprov akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan akan perumahan ini, sesuai dengan kehendak masyarakat khususnya guru dan para pekerja sektor non formal yang belum memiliki tempat tinggal, sehingga nantinya tercipta pemukiman yang sehat, murah dan terjangkau,” katanya.

Dirinya berharap, dalam waktu dekat perumahan tipe 36 dan 21 ini dapat dilengkapi dengan sarana air bersih yang dikelola perusahaan air minum dan sambungan listrik dari PLN, serta dilengkapi juga dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya. Meski pembangunan akses jalan antar blok telah dilakukan.

“Mudah-mudahan yang akan datang perumahan ini telah dilengkapi fasilitas umum dan sosial lainnya. Untuk itu, diharapkan kepada para pihak terkait untuk dapat membantu dalam menyediakan fasilitas pendukung yang dibutuhkan. Serta, kepada para calon penghuni kiranya betah dan kerasan, menjadikan perumahan ini sebagai tempat tinggal yang nyaman dan damai. Sehingga dapat memberi warna baru bagi masyarakat sekitar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua umum tim persiapan dan tim pelaksanaan rumah murah, Yusri Efendi menuturkan tujuan penyediaan perumahan dari Pemprov Sumsel ini untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan menengah kebawah terhadap lahan untuk pembangunan perumahan, memenuhi kebutuhan hunian yang layak dan terjangkau serta didukung dengan sarana, prasarana dan fasilitas umum yang memadai, serta mengurangi luas lingkungan pemukiman kumuh.

“Sebelumnya pendaftaran telah dibuka sejak 15-19 Juni 2009 lalu melalui lurah atau camat masing-masing dengan jumlah pemohon sebanyak 1.447 orang dan pekerja sektor non formal sebanyak 19.964 orang. Serta hasil verifikasi tim dinyatakan lulus seleksi untuk tipe 36 dan 21 masing-masing 1.000 orang,” tuturnya.

Kemudian, dirinya menambahkan, untuk tahap akad kredit rumah tipe 36 sebanyak 281 orang untuk tahap I, 136 orang di tahap II, 48 orang di tahap III dan 383 di tahap IV. Untuk rumah tipe 21 dari 1.000 pemohon yang telah memenuhi kriteria, akan diakadkreditkan sebanyak 15 orang saat penyerahan hari ini. Selanjutnya secara bertahap akan melakukan akad kredit di Bank Sumsel Babel cabang Syariah Palembang. /ris