Ganja Populer di Pagaralam

Pagaralam, BP

Narkoba jenis ganja paling populer di kalangan penikmat barang haram di Kota Pagaralam. Alasanya, harganya sangat terjangkau dibandingkan jenis narkoba lainnya.

Pernyataan itu dikemukakan Wakil Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati didampingi Kepada BNN Kota Pagaralam Sudran Gafar usai meresmikan kantor BNN Kota Pagaralam, Rabu (11/4).

Menurut Ida Fitriati, kesimpulan ganja sangat diburu para penikmat narkoba di Kota Pagaralam, merupakan hasil penelitian ilmiah.

“Kalau untuk level pendidikannya dari kalangan siswa tingkat Sekolah Menengah Atas, dan untuk di Kota Pagaralam jenis yang paling banyak dipakai serta harganya cukup terjangkau adalah jenis ganja. Oleh sebab itu, kantor BNN Pagaralam masih membutuhkan penyidik dari kalangan Polri,” katanya

Untuk kalangan paling banyak terjerat narkoba, menurut Ida,  dari kalangan masyarakat berumur sekitar 30 ke atas dan kebanyakan dari kalangan swasta.

Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Ismu Haryanto yang meresmikan kantor BNN Kota Pagaralam mengatakan, saat ini untuk BNN di tiap provinsi berjumlah sekitar 33 cabang, sementara untuk BNN di tingkat kota maupun kabupaten ada sekitar 75 cabang.

Akan tetapi dalam pelaksaaan pembangunan gedung di wilayah provinsi baru dilakukan sebanyak 10 unit, sedangkan untuk kabupaten/Kota sudah terbangun sekitar 35 gedung.

“Berdasarkan Undang-Undang No 35 tentang narkotika, diharapkan dengan diresmikannya kantor BNN Pagaralam ini, dapat bekerja sama dengan pihak terkait demi untuk mewujudkan 2015 Indonesia Bebas Narkoba,” katanya.

Sementara itu, turut hadir dalam acara peresmian kantor BNN Kapolres Pagaralam AKBP Abi Darrin, Kejari Kota Pagaralam Ariesianto, Kepala BNN Kota Pagaralam Sudran Gafar, Kepala BNN Sumsel, Pejabat di lingkungan Pemko Pagaralam, dan tokoh masyarakat.  /dar