DPRD Sumsel Desak Pemprov Pelihara Venue

Palembang, BP

DPRD Sumsel mendesak Pemprov untuk segera melakukan pemeliharaan venue-venue di Komplek Jakabaring Sport City (JSC). Desakan ini disampaikan setelah melihat adanya sejumlah venue yang terbengkalai karena memang belum jelas penanggung jawab pemeliharaannya.

Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Erza Saladin, Rabu (11/4), mengatakan, seharusnya, ketika aset itu dibangun sudah disusun secara sistimatik pemanfaatannya dan diikuti pemeliharan. “Faktanya terkesan terbengkalai aset JSC itu, sebenarnya wewenang pemanfaatan dan pemeliharaan setahu saya ada Biro Keuangan dan Aset, tetapi mungkin perlu kejelasan di sini SKPD mana yang bertanggungjawab melakukan proses pemeliharaan,” kata Erza.

Erza menegaskan, pemeliharaan ini penting agar aset wah dan megah bisa dimanfatkan lebih lama waktunya. Jika tidak, sayang aset yang banyak mengeluarkan anggaran dalam pembangunannya tetapi tidak terpelihara dengan baik. Untuk itu, perlu adanya peraturan daerah guna menegaskan kembali SKPD mana yang akan memelihara venue tersebut agar tidak terbengkalai.

“Kalau ada kegiatan olahraga tentunya otomatis venue akan terpelihara, ini harus didesain kita semua dan ditawarkan ke pusat kegiatan olahraga agar dilaksanakan di Sumsel,” katanya.

Sebelumnya, dalam rapat kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Komisi X DPR RI, DPR telah meminta agar fasilitas-fasilitas di Jakabaring jangan sampai terbengkalai begitu saja, seperti yang terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Jangan hanya pintar membangun, tapi tak pintar memelihara. Harusnya dikelola secara profesional, dan anggaran berasal dari APBD,” ujar Eko Hendro, anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN).

Sebagaimana diketahui, saat SEA Games XXVI lalu, Jakabaring menjadi pusat lokasi penyelenggaraan, mulai dari upacara pembukaan, pertandingan, hingga upacara penutupan. “Harus ada sikap dari pemerintah pusat dan Pemprov Sumsel, jangan sampai telantar, apalagi digunakan sebagai isu politik yang tidak menguntungkan,” tambah Jamal Aziz dari Fraksi Gerindra. /osk