Coyne Siap Diturunkan

Palembang, BP

Kepala Pelatih Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC), Kashartadi siap menurunkan Michael Jamie Coyne di kandang Delta Putra Sidoarjo (Deltras), Jawa Timur (Jatim), Jum’at (13/4) besok. PT Liga Indonesia telah mengesahkan Coyne sebagai pemain yang berlaga di Liga Super Indonesia (LSI) atau Indonesia Super League (ISL) 2011/2012.

Sebelumnya, Kashartadi belum dapat memastikan Coyne bisa turun karena status pemain asal Australia tersebut belum disahkan sebagai pemain LSI oleh PT Liga Indonesia.

“Imformasi dari manajemen, Jamie Coyne telah disahkan, jadi siap diturunkan,” ujar Kashartadi kepada BeritaPagi, Rabu (11/4).

Coyne akan diplot sebagai center bek atau bek tengah dabn berduet dengan Nova Arianto. Coyne diharapkan menggantikan kekuatan Thierry Gathuessi yang tidak dapat bermain karena terkena akumulasi kartu kuning.

Manajemen Sriwijaya FC telah mendaftarkan Coyne ke PT Liga Indonesia sejak Sabtu (7/4) lalu. Kepastian Coyne telah disahkan PT Liga Indonesia disampaikan Direktur Teknis dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin. “Alhamdulillah, Jamie Coyne telah disahkan,” ujarnya.

Hendri berharap mesin baru pasukan Laskar Wong Kito tersebut dapat tampil dan menunjukkan kemampuan terbaiknya saat menghadapi The Lobster. “Tentu kami, suporter Sriwijaya FC dan masyarakat Sumsel sudah tidak sabar menyaksikan permainan pemain baru ini,” tambahnya.
Coyne dilahirkan di Sidney Australia pada 2 Januari 1982 tersebut bisa bermain di posisi center bek atau bek sayap kanan. Tetapi selama berkiprah selama 10 tahun di Liga Utama Australia, Coyne memang identik dengan posisi sebagai center bek.

Coyne pernah bermain dan menjalani pendidikan di West Ham United, klub Liga Primer Inggris pada tahun 1998-1999. Kemudian kembali ke tanah kelahirannya Australia dan memperkuat klub profesional, Perth SC, pada musim 2000-2002 sebanyak 47 kali penampilan. Selanjutnya, bermain untuk Perth Glory sebanyak 33 kali pada 2002-2004.

Dari Perth Glory, Coyne pindah ke Ado Den Haag 2004-2005 dan mencoba peruntungan. Namun, ia tidak lama di klub tersebut lantaran terbelit cedera serta tidak mendapatkan tempat. Coyne pun kembali ke Perth Glory dan bermain sebanyak 119 kali pada rentang waktu 2005-2011. Terakhir, Coyne pindah ke Sidney SC pada awal musim 2011/2012 dan tampil sebanyak 15 kali. Selanjutnya, ia memilih pindah karena ingin mencoba atmosfer LSI. /ton