3 Warga Terjangkit Kusta

Muaradua, BP
Hasil penjaringan suspeck kusta di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang digelar Dinas Kesehatan kembali menemukan tiga warga menderita kusta prambusia.
“Dari penjaringan dan diagnosa  yang kita lakukan terhadap warga Desa Padang Bindu, kita menemukan tiga orang warga yang terjangkit kusta prambusia,” kata Kepala Dinas Kesehatan  OKUS Ismail MO, belum lama ini.

Dikatakannya, setelah  mendapati ada warga positif terjangkit kusta, pihaknya langsung memberikan penanganan medis guna menghindari penderita terkena dampak lebih seperti cacat permanen pada bagian tubuh.
“Karena kusta ini sangat berbahaya kuman kusta bisa dengan mudah menjalar kebagian tubuh lain jika ada bagian tubuh yang telah terjangkiti,” ujar mantan Kepala Badan KB dan PP ini.
Menurutnya, kusta bisa menjangkiti siapapun yang tidak berprilaku hidup bersih dan sehat. Karena kuman kusta katanya tak bisa dideteksi di mana keberadannya.

Hanya saja penyebarannya kata Ismail,  bisa melalui kontak langsung atau melalui pernafasan  meski terbilang lamban dan lama.

Dampaknya pun sangat berbahaya dan  sangat bergantung dengan daya kekebalan tubuh si penderita.
“Biasanya gejala awal penderita kusta ditandai timbulnya bercak merah atau putih di bagian kulit,” ujarnya.
Dia mengimbau bila ada warga yang terjangkit gejala penyakit kusta, segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau ke rumah sakit.

“Penyakit kusta bukan penyakit kutukan dan masih bisa sembuh bila si penderita baru terkena gejala. Tetapi bila dibiarkan bisa berbahaya bagi si penderita, dampak lebih lanjutnya bisa-bisa diamputasi,” kata Ismail. /ady