Warga Masih Mimpikan Listrik

Tebing Tinggi, BP

Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Kehutanan, Perkebunan, Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben) yang menargetkan 2012 seluruh desa sudah dialiri listrik, sulit diwujudkan.

Pasalnya, hingga kini warga desa masih memimpikan fasilitas umum tersebut. Seperti di Desa Sugiwaras, Tanjung Ning Jaya, Tanjung Kupang Baru, dan Pancurmas, Kecamatan Tebing Tinggi.

Di empat desa tersebut, realisasi pembangunan jaringan listrik dari PLN, hingga kini masih belum jelas.

Kepala Dishutbuntamben Susyanto Tunut melalui Kabid Energi Arismi mengatakan, hingga saat ini usulan kepada PLN pusat yang telah diajukan melalui pihak PLN Rayon Tebing Tinggi belum ada jawaban.

Menurut dia, anggaran pembangunan jaringan listrik di empat desa tersebut tidak sedikit bakal menyedot dana tidak sedikit.

“Apabila memakai dana APBD Empat Lawang tentu ditakutkan tidak terjangkau. Contoh saja jaringan  di Desa Sugiwaras   dibutuhkan kabel sepanjang 10 kilometer belum ditambah gardu dan tiang,” tuturnya.

Namun demikian, sambung Arismi, pihaknya tetap optimis empat desa tersebut bisa dialiri listrik tetapi untuk kepastiannya belum bisa ditentukan, apa terealisasi 2012 atau tahun berikutnya.

Kepala Rayon PLN Tebing Tinggi Suprayitno mengakui, usulan pembangunan jaringan di empat desa belum ada realisasi dari PLN Cabang Lahat.

“Ada 10 rayon cabang Lahat yang mengajukan pembangunan jaringan listrik sehingga harus bersaing dengan rayon lainnya,” ujarnya. /tom