Translok Pauh Berubah Status

 Muarabeliti, BP

Status daerah transmigrasi lokal (translok) di Desa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas (Mura), rencananya bakal ditingkatkan menjadi desa persiapan.

Sebelumnya, status translok yang dibangun sejak 2007 lalu, masih dibawah pembinaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Mura.

Data terakhir, saat ini sudah ada sekitar 180 kepala keluarga (KK) bermukim di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) A Murtin kepada wartawan, Senin (9/4),  mengatakan, status pembinaan kepada wilayah Translok Desa Pauh hanya berlaku lima tahun.

“Proses selanjutnya Disnakertrans akan menyerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mura untuk ditingkatkan sebagai desa persiapan,” ujarnya.

Murtin mengaku, wilayah Translok Desa Pauh sudah salah penempatan sejak awal. Buktinya rumah yang diberikan pemerintah kepada mereka banyak tidak ditempati.

“Namun saat pemerintah datang memberikan bantuan, mereka segera menempati rumah tersebut,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemerintah akan mengambil kebijakan bagi para penghuni yang tidak menempati rumah Tranlok. Mereka akan diberikan surat peringatan terdiri dari tiga tahapan.

“Jika tidak diindahkan, maka hak kepemilikan tersebut akan dicabut. Tujuan pemerintah membuat Translok di Kabupaten Mura menambah lapangan pekerjaan serta mengurangi angka kemiskinan,” jelasnya. /kur